Event Tropicana Slim Tips Cegah Diabetes dan Merawat Diabetesi di Rumah

Pasien dengan penyakit Diabetes atau Diabetesi harus didukung secara penuh oleh keluarga.

Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM
Event Tropicana Slim: I Give My Hands 4 Diabetes, Meet the Doctor: Tips Cegah Diabetes dan Merawat Diabetesi di Rumah mengatakan keluarga diabetesi juga harus diberi edukasi. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pasien dengan penyakit Diabetes atau Diabetesi harus didukung secara penuh oleh keluarga.

Keluarga Diabetesi pun harus tahu bagaimana merawat keluarganya yang memiliki riwayat penyakit Diabetes.

Dr dr Dyah Purnamasari SpPD KEMD dari divisi metabolik endokrin departemen penyakit dalam FKUI/RSCM Jakarta saat hadir di event Tropicana Slim: I Give My Hands 4 Diabetes, Meet the Doctor: Tips Cegah Diabetes dan Merawat Diabetesi di Rumah mengatakan keluarga diabetesi juga harus diberi edukasi.

"Sebenarnya ada perkumpulan edukator tidak harus tenaga medis, relawan-relawan, keluarga pasien ikut traning berkala terkait diabetes, selain bisa memahami, keluarga, relawan, dan lainnya yang ikut edukasi ini juga bisa membantu mengedukasi yang lain," jelasnya, Jumat (6/11/2020).

Sebagai keluarga pasien diabetes pihaknya atau para edukator biasanya mengedukasi bahwa pentingnya mengontrol diabetes.

"Caranya, bisa dengan asupan makan, aktivitas fisik, yang paling sulit mengontrol gaya hidup apalagi dengan banyaknya jenis makanan.

Juga bisa bekerjasama dengan terapi nutrisi medis, dan nantinya akan kami terjemahkan dalam bentuk awam ke keluarga," katanya.

Contoh kecil mengontrol gaya hidup adalah dengan, membatasi makanan hal ini bukan tidak boleh.

"Bisa menyamarkan penyimpanan makanan,di kulkas di letakkan yang di tempat yang tidak terjangkau oleh mata.

Hal kecil ini pun sangat penting, kerjasama keluarga itu penting," jelasnya.

Selain itu, Diabetesi bisa diajak aktivitas fisik sepertk jalan pagi, diajak olahraga bersama-sama.

Sebenarnya yang dibutuhkan aktivitas fisik salah satunya olahraga, selain itu ada banyak aktivitas fisik lainnya contoh menyapu, membersihkan halaman, menyemprot tanaman secara umum.

"Untuk olahraga harus disiapkan karena aktivitasnya berkelanjutan dan bisa sedang atau berat.

Masing-masing pasien itu memiliki derajat Diabetes yang berbeda beda. Jadi cek dulu gula darah sebelum olahraga. Kalau tidak terlalu parah pasien bisa pilih jenis olahraganya dengan intensitas sedang, 5 kali seminggu, minimal 30 menit sekali olahraga," katanya.

Sementara itu, jumlah pasien Diabetes atau Diabetesi ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Seperti pada 2013, waktu itu jumlah pasien Diabetes mencapai angka 8,5 juta menurut International Diabetes Federation (IDF) diprediksi akan mencapai 14 juta penderita Diabetes hingga 2035.

Hal ini tidak bisa dihindari seiring peningkatan penyakit generatif lain, obesitas dan lainnya," jelasnya.

"Pasien Diabetes ini, minimal paling tidak memiliki depresi ringan, gejala macam-macam seperti susah tidur, bawaan capek, tidak bersemangat banyak faktor yang mempengaruhi hal ini salah satunya kendali gula darah itu sendiri, kalau gula darah tidak baik dan penyakit peserta tidak baik maka komplikasi akan kronik," katanya. (Elm/adv)

event Tropicana Slim: I Give My Hands 4 Diabetes, Meet the Doctor: Tips Cegah Diabetes dan Merawat Diabetesi di Rumah mengatakan keluarga diabetesi juga harus diberi edukasi.
event Tropicana Slim: I Give My Hands 4 Diabetes, Meet the Doctor: Tips Cegah Diabetes dan Merawat Diabetesi di Rumah mengatakan keluarga diabetesi juga harus diberi edukasi. (Event Tropicana Slim)
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved