Breaking News:

PTBA Gelontorkan Rp 400 Miliar Lebih Untuk Pendidikan, Beasiswa Bidiksiba Rp 35 Miliar

Sedikitnya, sampai saat ini, PTBA telah menggelontorkan dana untuk dunia pendidikan sekitar Rp 400 miliar

SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Plt Bupati Muara Enim Jaursah (Kopiah) secara simbolis melepas Peserta Bidiksiba Tahun 2020 Kerjasama PT Bukit Asam Tbk Dengan Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Negeri Malang di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Bupati Muara Enim, Rabu (4/11). 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Perhatian Perusahaan Bukit Asam (PTBA) dalam hal pendidikan patut diajungi jempol. Sedikitnya, sampai saat ini, PTBA telah menggelontorkan dana untuk dunia pendidikan sekitar Rp 400 miliar. Dan khusus untuk beasiswa Bidiksiba sudah mencapai sekitar Rp 35 miliar.

Hal tersebut diungkapkan oleh GM Layanan Operasi Tanjung Enim (LOTE) PTBA Venpri Sagara didampingi SM CSR PTBA Hartono saat melepas Peserta Bidiksiba Tahun 2020 Kerjasama PT Bukit Asam Tbk Dengan Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Negeri Malang di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Bupati Muara Enim, Rabu (4/11/2020).

Menurut Venpri, program Bidiksiba (Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (BIDIKSIBA) tahun 2020, merupakan angkatan yang ke tujuh sejak dimulainya program ini pada tahun 2014. Tahun ini, PTBA menyediakan beasiswa untuk 49 anak dari Kabupaten Muara Enim yang akan menimba ilmu di Politeknik Negeri Siriwijaya 24 orang dan Politeknik Negeri Malang sebanyak 25 orang. Mahasiswa Bidiksiba tersebut hasil seleksi dalam wilayah operasional PTBA yakni di Sawah Lunto, Tarahan, Kertapati dan Tanjung Enim.

Dalam program Bidiksiba tersebut, lanjut Venpri, para mahasiswa akan menerima uang kuliah secara penuh mulai dari Uang Kuliah Tetap, Uang Saku, Uang Pemondokan atau Asrama, Uang Buku, Asuransi, Uang Pembinaan, Uang Bantuan Sarana Belajar Berupa Laptop, dan Uang Biaya Tugas Akhir.

Kalau di perusahan lain memberikan beasiswa dengan sistim ijon, dimana mahasiwa akan mengembalikan uangnya kembali ketika mahasiswa tersebut telah duduk di semester berapa, tetapi kalau di PTBA kita benar-benar membiayai seluruhnya dari mulai masuk sampai tamat.

Jadilah enterpreneur, jangan bekerja untuk orang lain tetapi bisa membukanlapanhmgam pekerjaan, cukuplah kami yang bekerja untuk negara dan orang lain.

"Total dana yang telah digelontorkan oleh PTBA hingga sampai saat untuk program pendidikan sekitar Rp 400 miliar dimana untuk program Bidiksiba sekitar Rp 35 miliar," pungkasnya.

Harapan kedepan, lanjut Venpri, setelah lulus, mahasiswa tersebut bisa kembali dan membangun kabupaten Muara Enim. Dan kepada seluruh mahasiswa tidak usah lagi pusing memikirkan biaya karena seluruhnya sudah ditanggung oleh PTBA, sehingga tidak alasan lagi tidak focus dan rajin belajar.

Setelah tamat nanti, berpikirlah menjadi enterpreneur, yakni jangan bekerja untuk orang lain tetapi sebaliknya bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

"Cukuplah kami yang bekerja untuk negara dan orang lain. Kalau anak-anak jadilah enterpreneur," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved