Breaking News:

Calon Jemaah Umrah Asal Palembang Curhat Betapa Ketat Perjalanan ke Mekkah, Wajib Dua Kali Swab Test

"Protokol Kesehatan Covid-19 sangat ketat. Jemaah tidak bisa duduk-duduk di lobi hotel atau mau keluar. Tak ada toko dan restoran yang buka,"

handout
Haris saat menjalani swab test di Jakarta jelang keberangkatan ke Mekkah untuk jalani ibadah umrah. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketua DPD Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) Sumsel, H Muhammad Haris, berbagi cerita perbedaan perjalanan umrah di tengah pandemi Covid-19 ketimbang masa normal. Calon jemaah umroh wajib menjalani protokol kesehatan dan juga wajib menjalani pemeriksaan bebas Covid-19.

Saat ini, pengelola PPUI Travel Fairuz Palembang itu saat ini bersama 150 calon jemaah umrah asal Palembang lainnya mengaku sudah berada di Kota Suci Mekkah dan menginap di Hotel Bintang 5 Jabal Komar Conrad Makkah.

Ketika dihubungi Sripoku.com secara virtual pada Kamis (4/12/2020) sore WIB, Haris yang ikut serta dalam rombongan Edutrip Umrah Sapuhi ini langsung menjalani karantina selama tiga hari.

Sebelum terbang ke Arab Saudi, Haris mengatakan ia dan rombongan lebih dahulu dikarantina satu hari di Jakarta (sebagai embarkasi umrah yang ditunjuk) dan wajib tes swab untuk memastikan bebas Covid-19.

Baca juga: Kalahkan Tim Eropa, Shin Tae-yong Puji Pemain Timnas Indonesia U-19

Begitu dinyatakan negatif, jemaah umrah diizinkan terbang dengan pesawat Saudi Airlines, setelah tiket dan visa dikeluarkan Kedutaan Arab Saudi di Jakarta.

Namun jika hasil swab test positif, calon jemaah umrah tersebut dipulangkan ke daerah asal.

Bagi yang bisa terbang, jangan gembira dahulu, karena jemaah umrah dikarantina tiga hari di hotel dan hari keempat diizinkan melaksanakan ibadah umrah, setelah swab test kedua yang dilakukan di Arab Saudi menunjukan hasil negatif.

Ia mengungkapkan, kedatangan kelompok kedua jemaah umrah dari Indonedia di Bandara King Abdul Aziz pukul 16.15 WAS, dengan penyambutan yang luar biasa dari Kementerian Haji Kerajaan Arab Saudi dan Keduataan Besar Indonesia.

Baca juga: Suara Joe Biden Melonjak 138.000 di Michigan, Ternyata Salah Ketik Pilpres AS dan Indonesia Mirip

Haris menceritakan, saat penerbangan Jakarta-Jeddah dengan Kerajaan Saudi Airlines, semua berjalan lancar.

Selama sembilan jam, jemaah umrah diwajibkan memakai masker, waktu makan di pesawat pun dibatasi dengan menu makanan yang terbatas dan ketat.

Halaman
123
Penulis: Husin
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved