Breaking News:

Proyek IPAL Sei Selayur Kalidoni Palembang, Jadi Kota Pertama Memiliki Air Bersih Skala Perkotaan

Kota Palembang, menjadi kota pertama yang akan memiliki sanitasi terpadu, khusus air bersih untuk skala perkotaan, Instalasi Pengelolaan Air Limbah

Humas Pemkot Palembang
Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Rabu (4/11/2020) resmi dimulai. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Rabu (4/11/2020) resmi dimulai.

Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga mengaku, bangga dengan perjuangan dan keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, dalam penanganan sanitasi di kota ini.

Artinya, Kota Palembang, menjadi kota pertama yang akan memiliki sanitasi terpadu, khusus air bersih untuk skala perkotaan.

"Apa yang akan dibangun hari ini, bukti keseriusan pemerintah setempat dalam penanganan limbah di kotanya," katanya, yang hadir langsung pada kegiatan Ground Breaking IPAL Palembang.

Harus diketahui, pembangunan IPAL Palembang ini bukan dari dana hibah saja, dimana ada kewajiban dari pemerintah pusat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang maupun Provinsi yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah), dengan total Rp1,2 triliun.

"Jadi pemerintah setempat juga harus mengucurkan anggaran, agar pembangunan IPAL ini berjalan. Dengan kompisisi APBN 55% dan APBD 35%, tergantung realisasi kebutuhan di lapangan," jelasnya.

Saat ini, pemerintah sangat konsen terhadap air bersih dan sanitasi. Tetapi sanitasi itu bukan hanya di kota besar, ada beberapa kota dilakukan dengan sistem yang berbeda.

Karena Kota Palembang ini adalah kota besar, jadi sistem yang dilakukan adalah dengan sanitasi terpadu.

"Saat ini ada beberapa kota sedang kita persiapkan, seperti Jakarta dan beberapa ibu kota provinsi lain di pulau Jawa dan Sumatera. Dimana, pendekatannya tidak semua sama seperti di Palembang," ungkapnya.

Halaman
1234
Editor: adi kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved