Breaking News:

Seorang Guru PNS Dirikan Rumah Belajar di Atas Rawa Kelurahan Ogan Baru Kertapati Palembang

Fajar berharap kedepan Rumah Belajar Rawa-rawa ini dapat diperluas di kawasan-kawasan yang memiliki kualitas pendidikan yang rendah.

Penulis: maya citra rosa | Editor: Refly Permana
handout
Suasana belajar di Rumah Belajar Rawa-rawa, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang, Sumsel. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Seorang guru PNS di Palembang, Fajar, mendirikan rumah belajar di atas rawa yang berlokasi di kawasan Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang.

Fajar melakukan hal ini karena berawal dari kekhawatirannya sebagai seorang guru SD terhadap kualitas pendidikan anak-anak selama masa pandemi.

Fajar mendirikan rumah belajar yang ia namakan Rumah Belajar Rawa-rawa itu untuk dimanfaatkan oleh anak-anak yang tinggal di kawasan Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang.

Baca juga: Jangan Lupa Ingat dan Catat Ya, Ini Dia Jadwal Virtual Run pada Bulan November dan Desember 2020

Di kawasan ini, kebanyakan orang mengenalnya sebagai Texasnya Kota Palembang.

Rumah Belajar Rawa-rawa yang digagasnya pada awal Agustus 2020 berawal dari pandangan banyaknya anak-anak tidak dapat mengikuti pembelajaran daring. Kini, semua anak-anak dapat belajar di Rumah Rawa-rawa tanpa membayar atau gratis.

Kondisi perekonomian orangtua yang menengah ke bawah mengakibatkan anak-anak tidak memiliki handphone dan internet untuk belajar daring.

Oleh karena itu, sebagai seorang guru yang sudah berstatuskan PNS, Fajar merasa sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menumbuhkan citat-cita dan harapan anak pinggiran Palembang untuk terus belajar.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Halaman 177 Pembelajaran 1, Perubahan Wujud di Sekitarku

Di atas rumah panggung miliknya dan masih banyaknya rawa-rawa di daerah tersebut, Fajar bersama istrinya mengajar sekitar 42 anak-anak di lingkungan sekitar.

Bahkan, sebagian anak-anak yang belajar juga merupakan anak korban kebakaran di Lorong Santai.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved