Berita Muaraenim

Banjir Bandang Terjang Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim, 3 Rumah Ambruk

Air meluap ke permukiman warga di Dusun VI, Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim dan menggenangi setidaknya 50 rumah

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Rumah warga Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim roboh akibat diterjang banjir bandang, Jumat (30/10/2020). 
Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri
SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Sebanyak tiga unit rumah di Dusun VI, Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim Provinsi Sumatera Selatan ambruk diterjang banjir bandang dari anak Sungai mampur, Jumat (30/10/2020).
Sebelum terjadi banjir bandang terjadi hujan lebat mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Muaraenim khususnya Desa Ujanmas Baru.
Hujan deras berlangsung sepanjang hari sehingga menyebabkan aliran anak Sungai Mampur yang berada di Dusun VI, Desa Ujanmas Baru, meluap.
Air meluap ke permukiman warga di Dusun VI, Desa Ujanmas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim dan menggenangi setidaknya  50 rumah warga yang tersebar di dusun IV, V, VI, dan VII.
Menurut Erokan Komar (40) warga setempat, banjir bandang terjadi sekitar pukul 00.00.
"Cukup dalam tadi, banjir bandang sekitar pukul 02.00 tadi yang mencapai dua meteran lebih," jelas Erosan.
Dikatakan Erosan, setidaknya saat ini ada tiga rumah yang ikut terbawa arus akibat banjir bandang ini.
Ada sedikitnya tiga rumah yang rusak oleh banjir bandang ini yaitu rumah milik Nurlena (43), Parman (50) dan Tajuki (65). 
Hal senada dikatakan oleh Sali, warga Dusun VI Desa Ujanmas Baru.
Dikatakan Sali, akibat korban banjir tersebut membuat sejumlah barang yang mereka miliki tidak bisa diselamatkan dan sampai saat ini air masih menggenangi rumah warga.
 
Menurut Sali, kejadiannya sekitar pukul 01.30 dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter di dalam rumah.
 
Akibatnya barang-barang yang ada di dalam rumah dari parabot rumah tangga, pakaian, bahan pokok dan juga hewan ternak juga ikut terendam air karena air ini datang secara tiba-tiba. 
 
Sali berharap Pemerintah Daerah Kabupaten MuaraeEnim untuk dapat segera memberikan bantuan terhadap korban mengingat saat ini mereka juga belum memiliki tempat pengungsian, sementara semua harta benda ikut terendam banjir.
 
"Kami mohon juga pemkab untuk membuka dapur umum supaya mampu meringankan beban kami yang terkena musibah ini," ujarnya.
 
Sekretaris Desa Ujanmas Baru, Joni Anuar, membenarkan adanya banjir bandang tersebut yang disebabkan anak Sungai Mampur di Desa Ujanmas Baru.
 
Joni Anuar mengatakan hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa.
 
Namun korban harta benda terdapat tiga rumah yang roboh dan terendam.
Rumah warga Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim roboh akibat diterjang banjir bandang, Jumat (30/10/2020).
Rumah warga Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim roboh akibat diterjang banjir bandang, Jumat (30/10/2020). (SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI)
Sementara itu Koordinator Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muaraenim Edi Ramlan menerangkan bahwa pihaknya telah menurunkan 10 personel dengan satu perahu karet serta bekerjasama dengan tim dari BPBD Muara Enim dengan 20 personel dan dua perahu fiber melakukan evakuasi terhadap warga yang menjadi korban banjir. 
 
"Kita mendapat telpon dari warga sekitar pukul 02.00 dini hari dan sekitar pukul 02.15 WIB kita tiba di lokasi dan melakukan evakuasi kepada warga diantaranya warga yang terkena stroke satu orang dan ibu-ibu hamil dua orang. 
 
Dan saat ini para korban telah dievakuasi ke rumah keluarga korban yang tidak terkena dampak banjir ini," jelasnya. 
 
"Ada empat rumah yang ambles bukan karena arus karena pondasinya menjadi gembur oleh terkena arus air sehingga rumah tersebut ikut ambles dan roboh.
 
Akibat kejadian ini tidak ada korban jiwa namun warga yang terdampak mencapai 50 KK," ujarnya.
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved