Breaking News:

Berita OKU Selatan

Warga OKUS Penerima Bantuan UMKM Diminta Cek di Link e-Form BRI Sebelum Cairkan Bantuan di Bank BRI

Kementerian Koperasi UMKM telah menambah kouta yang semula 9,1 juta menjadi 12 juta seluruh Indonesia sebagai penerima bantuan pelaku usaha mikro

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Petugas sedang melakukan pendataan di Kantor Koperindag Kabupaten OKU Selatan, Senin (26/10/2020). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan atau OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan penerima bantuan UMKM yang telah mendaftar diminta mengecek secara online yakni lewat link e-Form BRI.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan warga mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Baca juga: Bagi Pelaku Usaha yang Belum Mendapatkan BLT UMKM Bisa Mendaftar Lewat Facebook, Begini Caranya

Baca juga: Situs https://siapbersamaumkm.com/ Pendataan UMKM Hoaks, Kemenkop Minta Jangan Isi Data Pribadi

"Bagi masyarakat untuk menghindari kerumunan massa sesuai protokol Covid-19 dapat mengecek lewat link https://eform.bri.co.id/bpum terkiait sudah terverifikasi apa belum," ujar Kabid Koperasi UMKM Junaidi SE dari Dinas Koperasi dan Perdagangan, Senin (26/10/2020).

Sejak pendataan mulai 25 September lalu dan telah memasuki perpanjangan gelombang ke-V, pendaftar usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Diskoperindag Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan ( Sumsel ) berjumlah 28.519 orang sebagai pelaku usaha yang terdampak Covid-19.

Seperti diketahui, Kementerian Koperasi UMKM telah menambah kouta yang semula 9,1 juta menjadi 12 juta seluruh Indonesia sebagai penerima bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) dengan perpanjangan hingga akhir bulan November 2020 termasuk di Kabupaten OKU Selatan.

Baca juga: Penerima BLT UMKM Dapat SMS Dari BRI, Segera Lakukan Hal Ini Untuk Pencairan

Baca juga: Satgas Covid-19 OKU Selatan Kirim Surat Teguran ke Salah Satu Bank Plat Merah Terkait Dana UMKM

Dikatakan Junaidi, terhitung mulai kemarin Diskoperindag Kabupaten OKU Selatan mengalihkan pendaftaran pengajuan masyarakat sebagai penerima bantuan UMKM dilakukan di tiap kecamatan masing-masing dengan membawa berkas fotokopi e-KTP, nomor telepon dan nama jenis usaha.

"Pindah ke kecamatan selebihnya tergantung kebijakan camat apa akan dilimpahkan ke kelurahan atau di kades kemudian data yang ada disampaikan ke koperindag kabupaten berupa file excel," ujar Junaidi.

Sementara bagi pendaftar yang telah terdaftar atau terverifikasi untuk tahap pencairan dapat mendatangi Bank BRI dengan menunjukkan pesan pemberitahuan berupa SMS dari BRI-Info, sedangkan bagi yang tidak menerima pesan SMS dapat mengecek lewat link tersebut dan menunjukan hasil terverifikasi lewat link tersebut.

Selain itu kata Junaidi, pendaftar yang mengajukan data dan tidak terverifikasi dikarenakan pendaftar tidak memenuhi syarat sesuai ketentuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM Pusat.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved