Breaking News:

Fakta Terjadi Gempa Besar di Pulau Sumatera Sabtu Jelang Minggu Oleh Cenayang Diungkap BMKG Sumsel

Seolah benar akan segera terjadi, Mbak You kembali memberikan peringatan pada publik soal hal buruk yang menurutnya bisa terjadi.

Editor: Fadhila Rahma
ist
gempa 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Akan terjadi gempa besar di Sumatera diungkap cenayang tersohor Mbak You, hal ini mendapat respon dari BMKG Sumsel.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, V Sinta Andayani, mengatakan bahwa berdasarkan keilmuan geofisika, potensi gempa dapat terjadi kapan saja, dan tidak dapat diprediksi secara pasti.

Adanya gempa dapat terjadi juga karena mengingat wilayah Indonesia yang merupakan daerah cincin api atau Ring of Fire.

Dimana adanya pertemuan tiga lempeng dunia, sehingga potensi gempa setiap saat bisa terjadi dengan kekuatan bervariasi dari lemah hingga kuat.

"Untuk mengatasi kondisi dimana wilayah kita yang rawan gempa atau tsunami serta gempa sendiri yang tidak bisa diprediksi terjadinya, dibentuk sistem peringatan dini gempa dan tsunami sebagai bentuk upaya mitigasi," ujarnya saat dikonfirmasi melalui whatsapp, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Sabtu Jelang Minggu Akan Ada Gempa Besar di Pulau Sumatera, Ini Ramalan Cenayang Kesohor Mbak You

Baca juga: Bakal Dikemanakan Potongan 2,5 Persen Gaji PNS TNI Polri & Karyawan Swasta? Ini Penjelasannya

Baca juga: Asik! Kartu Prakerja Gelombang 11 Akhirnya Dibuka Kembali, Ini Jadwal Pendaftaran di prakerja.go.id

Selain itu, ketika mitigasi dilakukan, masyarakat dapat segera menyelamatkan diri ketika peringatan dini tersebut muncul.

Juga mengenai potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang atau puting beliung, petir, banjir hingga tanah longsor, memang merupakan bencana yang selalu membayangi terutama jika musim hujan tiba.

Untuk itu BMKG beserta instansi terkait gencar menginformasikan kepada seluruh masyarakat untuk siap dan waspada menghadapi potensi bencana tersebut.

"Sejatinya kita memang tidak kuasa menolak bencana alam yang mungkin akan terjadi, namun kita bisa mengupayakan meminimalkan korban jiwa atau harta yang bisa timbul akibat bencana," ujarnya.

Untuk itu pemahaman masyarakat terhadap cuaca ekstrem dan gempa harus terus digalakkan untuk keselamatan.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 95 96 97 Pembelajaran 3, Hubungan Mahluk Hidup

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved