Breaking News:

Sejarah Terbentuknya Lubuklinggau, Hari Ini Berusia 19 Tahun, Gubernur Herman Deru Ikut Merayakan

Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau menyelenggarakan sidang paripurna peringatan Hut di gedung DPRD kota setempat, Sabtu (17/10/2020) sore.

tribunsumsel/eko
Suasana sidang paripurna Hut Kota Lubuklinggau ke -19 tahun. 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau menyelenggarakan sidang paripurna peringatan Hut di gedung DPRD kota setempat, Sabtu (17/10/2020) sore.

Acara ini hari jadi ke- 19 Kota Lubuklinggau dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru, Plt Bupati Musi Rawas, dan Plt Bupati Musi Rawas Utara, dan dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dikutip dari laman Pemkot Lubuklinggau, lahirnya Kota Lubuklinggau bermula pada tahun 1929 status Lubuklinggau adalah sebagai Ibu Kota Marga Sindang Kelingi Ilir, dibawah Onder District Musi Ulu.

Baca juga: Sah-sah Saja Jika Saya Punya Keinginan Jadi Presiden 2024; Ini Kekayaan Jenderal Gatot Nurmantyo

Saat itu, Onder District Musi Ulu sendiri ibu kotanya adalah Muara Beliti. Tahun 1933 Ibu kota Onder District Musi Ulu dipindah dari Muara Beliti ke Lubuklinggau.

Kemudian pada tahun 1942-1945 Lubuklinggau menjadi Ibukota Kewedanan Musi Ulu dan dilanjutkan setelah kemerdekaan. Pada waktu Clash I tahun 1947, Lubuklinggau dijadikan Ibu kota Pemerintahan Provinsi Sumatera Bagian Selatan.

Selanjutnya tahun 1948 Lubuklinggau menjadi Ibu kota Kabupaten Musi Ulu Rawas dan tetap sebagai Ibu kota Keresidenan Palembang.

Baca juga: Sudah Dua Kali Diretas, Tim IT Sebut Website Pemkab Muratara Sangat Mudah Dibobol Hacker

Pada tahun 1956 Lubuklinggau menjadi Ibu kota Daerah Sumattra Tingkat II Musi Rawas.

Lalu tahun 1981 dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 tanggal 30 Oktober 1981 Lubuklinggau ditetapkan statusnya sebagai Kota Administratif.

Kemudian pada tahun 2001 dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2001 tanggal 21 Juni 2001 Lubuklinggau statusnya ditingkatkan menjadi Kota dan pada tanggal 17 Oktober 2001 Kota Lubuklinggau diresmikan menjadi Daerah Otonom.

Baca juga: Ivan Gunawan Sebut Lesty Jelong Ternyata Ini Artinya Jelong Lengkap Makna dan Pencetusnya

Kota Lubuklinggau sendiri terletak pada posisi geografis yang sangat strategis yaitu di antara provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu serta ibu kota provinsi Sumatera Selatan (Palembang) dan merupakan jalur penghubung antara Pulau Jawa dengan kota-kota bagian utara Pulau Sumatera.

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved