Breaking News:

news

Pelarian Cai Changpan Berakhir, Ini 5 Fakta Terpidana Mati yang Kabur Sejak 14 September

Lelaki tersebut menggali lubang di dalam selnya sepanjang kurang lebih 30 meter dan melarikan diri

istimewa
cai changpan 

SRIPOKU.COM-Sejak 14 September 2020 seorang terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Lelaki tersebut menggali lubang di dalam selnya sepanjang kurang lebih 30 meter dan melarikan diri melalui gorong-gorong. Kini, polisi menemukan Cai Changpan bunuh diri.

Berikut fakta-fakta terkait terpidana mati Cai Changpan:

1. Kabur sejak 14 September dengan membuat lubang

Cai Changpan adalah bandar narkoba yang divonis hukuman mati pada 19 Juli 2017 oleh Pengadilan Negeri (PN) Kota Tengerang. Pelarian diri Cai Changpan bukan kali pertama. Ia pernah melarikan diri dengan membobol Rumah Tahanan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri pada 24 Januari 2017. Ketika itu, Changpan tertangkap tiga hari kemudian di Sukabumi, Jawa Barat.

Pada 14 September 2020, Changpan kembali melarikan diri dari tahanan dengan membuat lubang di kamar yang diperkirakan mencapai 30 meter menuju gorong-gorong. Ia menggali setiap malam selama 8 bulan. Agar tak diketahui, bekas lubang ditutup dengan ranjang di dalam sel. Changpan menggunakan sejumlah alat seperti sekop, besi, obeng, pahat, pompa air dan selang. Polisi masih menyelidiki dari mana sejumlah barang bukti itu didapatkan oleh Changpan.

2. Temui anak dan istri yang tinggal di Bogor

Usai kabur untuk kedua kalinya dari penjara pada September 2020, Cai Changpan alias Antoni rupanya menemui anak dan istrinya di Desa Cilaku, Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cai Changpan memang memiliki sebuah rumah yang baru ditempati selama kurang lebih satu tahun bersama keluarga kecilnya. Di tempat tersebut, buronan itu memiliki usaha pembakaran ban yang dikelola istri dan dibantu oleh sejumlah karyawan.

Ketua RT 01/02 Desa Cilaku, Pendi membenarkan Cai Changpan mendatangi rumah tersebut untuk bertemu istri dan anaknya. "Dia (Cai Changpan) di sini cuma selewatan saja dan memang ketemu bininya (istri). Saya juga tidak melihat saat dia pergi," tutur Pendi. Polisi kini melakukan pemeriksaan intensif terhadap istri dan keluarga Changpan. B

3. Sempat mengobrol dengan warga dan belanja di warung

Dalam pelariannya, Cai Changpan rupanya sempat mengobrol dengan warga. Ia bercakap-cakap dengan petani di saung perkebunan singkong. Kepala Dusun 2 Desa Babakan, Ratim mengemukkan, warga juga pernah melihat Cai Changpan membeli sesuatu di warung. Tetapi warga belum menyadari bahwa Changpan adalah terpidana yang kabur dari Lapas Kelas 1A Tangerang dan merupakan seorang buronan. Setelah berita mengenai Cai Changpan ramai di televisi, warga pun terkejut dan membantu aparat. "Kita langsung melakukan pencarian dan gerak, bahkan sampai woro-woro (beri pengumuman) supaya warga ikut membantu mencari. Tapi nihil, enggak ketemu," kata Ratim

4. Masuk ke hutan Menurut informasi warga sekitar, Cai Changpan sempat masuk ke Hutan Tenjo di Bogor, Jawa Barat. "Info dari beberapa warga yang kita dalami, yang bersangkutan masuk ke hutan sana. Sementara kita ada beberapa tim fokus ke sana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Langkah buron tersebut masuk hutan dilakukan sebagai upaya menghilangkan jejak. Diduga Hutan Tenjo dipilih lantaran tak jauh dari rumah sang istri.

5. Memiliki kemampuan militer Lihat Foto Tentara.(Thinkstock) Cai Changpan ternyata memiliki kemampuan militer. Ia pernah mengikuti pelatihan kemiliteran di China. "Yang bersangkutan ini memang pernah mengikuti pendidikan kemiliteran di China sana," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. "Jadi bagaimana dia menghadapi survival (di dalam hutan) itu dia memang sudah punya dasar," ujar Yusri. Kini aparat gabungan masih melakukan pengejaran menyusuri hutan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Fakta Terpidana Mati Cai Changpan, Gali Lubang di Sel, Temui Anak Istri hingga Masuk Hutan", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2020/10/06/09584551/5-fakta-terpidana-mati-cai-changpan-gali-lubang-di-sel-temui-anak-istri?page=all#page2.

Editor : Pythag Kurniati

Editor: Wiedarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved