Breaking News:

Tinjau Bendungan Tiga Dihaji, Herman Deru Sebut Bakal Perkokoh Sumsel Lumbung Pangan

Gubernur Sumsel Herman Deru meyakini pembangunan bendungan Tiga Dihaji akan membawa manfaat besar bagi sektor pertanian di Sumsel.

dok.humaspemprovsumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru saat melakukan monitoring dan peninjauan pembangunan bendungan Tiga Dihaji di Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan, Selasa (13/10). 

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Gubernur Sumsel Herman Deru meyakini pembangunan bendungan Tiga Dihaji yang berada di Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan, akan membawa manfaat besar bagi sektor pertanian di Sumsel.

Dimana bendungan Tiga Dihaji yang akan menjadi bendungan satu-satunya di Sumsel itu berfungsi sebagai bendungan multi purpose untuk mengaliri lahan irigasi baru seluas 25.423 hektar.

"Ini merupakan proyek strategis nasional tentu pembangunan ini kabar baik bagi pertanian kita."

"Sebab, saat ini kita konsisten untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya beras."

"Bendungan ini nantinya dapat menyuplai air secara konstan ke berbagai kabupaten yang terdapat lahan pertanian," kata Gubernur Sumsel Herman Deru saat melakukan monitoring dan peninjauan pembangunan bendungan Tiga Dihaji di Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan, Selasa (13/10).

Gubernur Sumsel Herman Deru saat melakukan monitoring dan peninjauan pembangunan bendungan Tiga Dihaji di Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan, Selasa (13/10).
Gubernur Sumsel Herman Deru saat melakukan monitoring dan peninjauan pembangunan bendungan Tiga Dihaji di Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan, Selasa (13/10). (dok.humaspemprovsumsel)

Dia menuturkan, pembangunan bendungan ini merupakan salah satu jawaban dari keluhan para petani terkait pengairan untuk lahan pertanian.

"Ini jawaban atas keinginan para petani. Bendungan ini juga akan mengairi 15 ribu hektar lahan cetak sawah baru Namun kita juga harus terus bersinergi."

"Dimana upaya untuk meningkatkan hasil pertanian ini tidak boleh berhenti salah satunya soal pengendalian harga. Produksi harus tetap stabil sehingga harga jual tidak menurun," tuturnya.

Menurutnya, bendungan tersebut nantinya mampu menampung sedikitnya 105 juta meter kubik air.

"Kita komitmen untuk meningkatkan hasil pertanian dan menargetkan menjadi nomor satu sebagai daerah lumbung pangan. Semua pihak juga sepakat mengembalikan Sumsel menjadi daerah lumbung pangan nasional," tegasnya.

Halaman
12
Editor: adi kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved