Jelang H-2 Pendaftaran, Bawaslu OKU Selatan Pastikan tak Perpanjang Waktu Pendafatran Petugas PTPS

"Untuk perekrutan PTPS di OKU Selatan mudah-mudahan tidak melaksanakan perpanjangan karena kuota pendaftar di kecamatan masing-masing sudah mencukupi,

Penulis: Alan Nopriansyah | Editor: Refly Permana
sripoku.com/alan
Kantor Bawaslu OKU Selatan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU Selatan pastikan perekrutan 893 orang petugas sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk pengawasan pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang tak akan diperpanjang.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu OKU Selatan, Ahmad Basid SE, mengatakan telah memenuhi kouta 2 orang disetiap TPS sejak dibuka pendaftaran lebih kurang dua pekan, tepatnya 3 -15 Oktober, di tingkat Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

"Untuk perekrutan PTPS di OKU Selatan mudah-mudahan tidak melaksanakan perpanjangan karena kuota pendaftar di kecamatan masing-masing sudah mencukupi," ujar Ahmad Basid, SE, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Sejarah Orang Jawa Duduki Jabatan Menteri di Suriname, Saudara Jauh Indonesia di Benua Amerika

Dikatakan Ahmad Basid, sebelumnya terdapat kebijakan perpanjangan masa pendaftaran, jika kuota minimal 2 orang peserta disetiap petugas pengawas TPS belum terpenuhi yang sebelumnya dilakukan pada tanggal 16 kedepannya.

Nantinya, peserta petugas PTPS bakal yang terpilih bakal dilakukan rapid test dan dikontrak kerja selama satu bulan sebagai pengawas pelaksanaan pencoblosan dengan melalukan pencatatan dilokasi dan pelaporan ke Bawaslu.

"Tugas mereka nantinya melalukan pengawasan pelaksanaan di TPS, dengan mencatat dan melaporkan serta hasil," ujar Ahmad Basid.

Baca juga: Dampak PSBB di Jakarta, Orderan Mobil Honda Bisa Dua Bulan Baru Tiba di Palembang

Adapun persyaratan yang menjadi petugas PTPS harus independen tidak terlibat dengan Tim Sukses (Timses) Pasangan Calon maupun Partai Politik dan berusia manimal 25 tahun serta memiliki ijazah SMA yang selanjutnya dapat mengisi formulir data di Panwaslu.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved