Breaking News:

Semangati Petani, Gubernur Sumsel Herman Deru Naik Motor Hadiri Panen Raya di Rantau Bayur Banyuasin

Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi, rupanya tak menyurutkan para petani di Sumsel untuk tetap produktif.

Editor: Refly Permana
humas pemprov sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri panen raya di Banyuasin. 

SRIPOKU.COM - Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi, rupanya tak menyurutkan para petani di Sumsel untuk tetap produktif.

Hal itu tak terlepas dari peran Gubernur Sumsel H Herman Deru yang terus mendorong kemajuan pertanian di Sumsel.

Seperti pada Sabtu (3/10/2020) misalnya, meski harus melintasi perairan dan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda dua, Herman Deru rela hadir di Desa Tebing Abang, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin untuk melakukan panen perdana padi sawah rawa lebak bersama para petani.

Hal itu juga dilakukannya sebagai bentuk apresiasi kepada para petani di Banyuasin yang telah berhasil memanfaatkan lahan tidur berupa lebak menjadi areal persawahan baru yang diyakini akan mampu mendorong peningkatan produksi pangan sekaligus sebagai penopang ketahanan pangan di Sumsel.

"Karena itu jangan jadikan petani sebagai pilihan profesi terakhir. Pertanian ini merupakan marwah Sumsel, dan ini harus dipertahankan.

Apalagi leluhur kita merupakan petani. Pertanian ini tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata HD.

Menurut HD, sektor pertanian merupakan salah satu potensi yang patut dipertahankan dan terus dikembangkan.

Karena itulah dalam waktu dekat dirinya akan menugaskan 1000 orang petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang akan membimbing petani.

"Kami sudah menyiapkan 1000 PPL untuk memberikan edukasi kepada para petani. Jadi satu desa akan ada satu PPL. Kami ingin para petani ini jadi pengusaha di lahannya sendiri," tuturnya.

Apalagi, sambungnya, secara nasional, Kabupaten Banyuasin telah menduduki posisi ke empat sebagai daerah lumbung pangan.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved