Breaking News:

Siapkan 2000 Vaksin Gratis, Kejar Target Palembang Bebas Rabies di 2024

"Vaksin ini tersedia di UPT Pusat Kesehatan Hewan di Gandus dan klinik kesehatan hewan dibawah naungan Dinas Pertanian san Ketahanan Pangan.

ho/sripoku.com
Penyuntikan vaksin rabies gratis pada kucing di klinik UPT Pusat Kesehatan Hewan di Gandus 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang menargetkan di 2024 nanti, hewan peliharaan masyarakat Kota Palembang terbebas dari rabies.

Oleh karenanya, kemudahan penyediaan vaksin gratis sebagai upaya agar masyarakat yang mempunyai banyak hewan peliharaan dapat memberikan vaksin rabies secara rutin.

Kepala Dinas Pertanian kota Palembang Sayuti mengatakan, tahun ini pihaknya menyediakan 2.000 vaksin gratis yang ditujukan untuk Hewan Pembawa Rabies (HPR) seperti anjing, kera dan kucing di 2020.

"Vaksin ini tersedia di UPT Pusat Kesehatan Hewan di Gandus dan klinik kesehatan hewan dibawah naungan Dinas Pertanian san Ketahanan Pangan. Mulai hari juga kami buka layanan kesehatan suntik vaksin," jelasnya, Senin (29/9/2020)

Sayuti mengatakan, Meskipun kasus rabies di Palembang sejauh ini tidak ditemukan tapi terhitung tahun 2015 hingga tahun 2019 pihaknya telah memberikan vaksin kepada hewan peliharaan sebanyak 2.350 vaksin yang rata-rata disuntikkan kepada hewan pembawa rabies (Anjing, kucing, kera)

Dalam empat tahun terakhir, kasus gigitan hewan di kota Palembang dilaporkan naik turun. Pada tahun 2016 kasus gigitan hewan yang tak menimbulkan rabies sebanyak 162 kasus, 2017 ada 178 kasus, 2018 ada 185 kasus, tahun 2019 444 kasus.

Naik turunnya kasus bergantung pada dari cara pemilik hewan merawat peliharaannya. Seringkali hewan merasa stress dan terancam, sehingga dengan nalurinya hewan peliharaan bisa saja menggigit dan menyerang pemiliknya.

" jumlah laporan kasus gigitan oleh hewan ke manusia di kota Palembang tahun ini sejak Januari sebanyak 125 kasus," katanya.

Gratis Vaksin Rabies Hewan Kesayangan, Ini Caranya

Tak Ada Obat Virus Rabies yang Sampai Ke Otak

Pelayanan Vaksin Rabies Gratis Selama Seminggu, Pecinta Hewan Ramai-ramai Datangi RS Hewan Sumsel

Agar masyarakat pun merasa aman dari insiden gigitan hewan, saat ini tengah disiapkan peraturan walikota (perwali) yang berkaitan dengan aturan penempatan hewan yang menjadi pembawa rabies untuk tidak boleh dibebas liarkan.

Editor: Azwir Ahmad
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved