Breaking News:

Berita Musirawas

Kabupaten Musirawas Kerjasama Pemanfaatan Suplai Air Bersih untuk Dua Desa di Muratara

Penandatanganan kerjasama dilakukan Bupati Musirawas H Hendra Gunawan dengan Bupati Muratara HM Syarif Hidayat di Pemkab Musirawas, Kamis (17/9/2020).

SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Penandatanganan kerjasama pemanfaatan air bersih dilakukan Bupati Musirawas H Hendra Gunawan dengan Bupati Muratara HM Syarif Hidayat di Pemkab Musirawas, Kamis (17/9/2020). 
Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi
SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Kabupaten Musirawas menjalin kerjasama dengan Kabupaten Muratara dalam pemanfaatan air bersih untuk dua desa di Kabupaten Muratara.
Penandatanganan kerjasama dilakukan Bupati Musirawas H Hendra Gunawan dengan Bupati Muratara HM Syarif Hidayat di Pemkab Musirawas, Kamis (17/9/2020).
Dalam kesempatan itu, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat menyampaikan, ada dua desa di Kabupaten Muratara yang sampai saat ini kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih.
Yaitu Desa Setia Marga dan Desa Bina Karya yang masuk dalam wilayah Kecamatan Karang Dapo yang letaknya berbatasan dengan Kabupaten Musirawas.
Karena di wilayah tersebut tidak ada sumber air yang dibutuhkan untuk keperluan masyarakat.
"Alhamdulillah kami diizinkan oleh Musirawas untuk memanfaatkan PAM yang ada di Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musirawas yang berbatasan dengan Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Muratara.
Atas nama masyarakat dan Pemkab Muratara, kami berterimakasih sekali kepada Bupati Musirawas H Hendra Gunawan karena sudah diizinkan memanfaatkan sumber air yang ada di Musirawas untuk masyarakat kami di Muratara," kata HM Syarif Hidayat.
Dikatakan, air bersih sangat dibutuhkan masyarakat. Selama ini sebagian masyarakat menyuplai air bersih dari tangki.
Apalagi di musim kemarau, masyarakat akan makin sulit mendapatkan suplai air bersih. 
"Dengan adanya MoU ini, masyarakat di dua desa didaerah kami sangat terbantu.
Fasilitas sudah kami sediakan, seperti booster, pipa air dan fasilitas lainnya.
Tinggal lagi suplai airnya. Mudah-mudahan dengan sudah ada MoU ini, suplai air ke masyarakat akan segera terealisasi," katanya.
Bupati Musirawas H Hendra Gunawan menyampaikan, secara ikhlas apapun yang dibutuhkan oleh Kabupaten Muratara insha Allah akan dibantu.
Apalagi secara histori, Kabupaten Muratara dulunya adalah bagian dari Kabupaten Musirawas yang merupakan kabupaten induknya, sebelum memisahkan diri menjadi daerah otonom baru.
"Jadi orang tua harus demikian, walaupun orang tua susah, tapi apa yang ada mau dikasih semua. Kita ikhlas, dan momen ini tak hanya sampai disini saja.
Kami juga apa yang ada perlu bantuan kami juga mohon dibantu, karena kita tadinya satu wilayah, meski sekarang terpisah," kata H Hendra Gunawan.
Dijelaskan, di Kabupaten Musirawas selama ini memang sudah tersedia PAM untuk kebutuhan air bersih masyarakat di Desa SP1, SP2 dan SP3 Kecamatan Muara Lakitan.
Tiga desa ini berdekatan dengan Desa Setia Marga dan Bina Karya atau SP4 dan SP5 Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Muratara.
PAM tersebut dibangun dengan dana APBN dan sekarang sudah dihibahkan ke Pemkab Musirawas.
 
Karena itu, ketika masyarakat Kabupaten Muratara membutuhkan bantuan suplai air bersih yang mengambil sumber dari PAM tersebut, pihaknya secara ikhlas membantu.
"Ketika saudara kita minta bantu, selagi suplai airnya cukup tak ada persoalan. Karena ini kebutuhan dasar masyarakat disana. 
Mudah-mudahan di awal niat yang baik dan mudah-mudahan dalam prosesnya nanti juga dapat berjalan baik. Kalau kita banyak sedekah insha Allah sumber airnya nanti makin banyak," katanya.
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved