Breaking News:

Mencari Solusi Elpiji Subsidi

Ancang-ancang Kabupaten Lahat Terbitkan Kartu Pelanggan Elpiji 3 Kilogram

Kartu Kendali dipercaya sebagai satu-satunya jalan paling ampuh agar perkara penyaluran elpiji 3 kilogram tepat sasaran. Ekses turunan seperti jeritan

KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN
Ilustrasi: tabung elpiji 3 kg. 

Kartu Kendali dipercaya sebagai satu-satunya jalan paling ampuh agar perkara penyaluran elpiji 3 kilogram tepat sasaran. Ekses turunan seperti jeritan kelangkaan pun dipercaya bakal selesai dengan sendirinya.

SAAT pemerintah pusat tak kunjung yakin mengubah pola subsidi elpiji 3 kilogram dari terbuka menjadi tertutup, Pemerintah Kabupaten Lahat sudah ambil ancang-ancang duluan.

Pelan-pelan, mereka mulai yakin bahwa masalah distribusi elpiji subsidi hanya bisa diselesaikan dengan pendekatan ketat yang namanya kartu kendali.

Akhir Agustus lalu, Kabag Administrasi Sumberdaya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat, Syaifullah Aprianto ST belajar ke Kota Jambi.

Kota Jambi dipilih karena ibukota provinsi tetangga itu sudah lebih dulu menerapkan kartu kendali yang belakangan diberi nama kartu pelanggan.

Pulang dari Kota Jambi, Syaifullah langsung gerak cepat. Langkah awal adalah dengan mendapatkan data riil jumlah keluarga miskin yang memang ada di Kabupaten Lahat.

“Data ini kita nggak bisa main-main. Karena ini menyangkut masyarakat miskin. (Kami) Sudah mengajukan surat ke Dinas Sosial karena mereka leading sektornya. Itu sebagai data panduan, lalu data itu akan ditindaklanjuti dengan data-data dari RT,” katanya saat diwawancarai, Senin (14/9/2020).

Perkara data ini memang tulang punggung dari kartu kendali. Syaifullah mengatakan, urusan data ini tak bisa cepat, meski pihaknya menginginkan lekas.

Banyak yang harus dilibatkan. “Butuh waktu, kalau buru-buru masyarakat yang harusnya berhak malah nanti ada yang ketinggalan,” katanya.

Syaifullah merinci, karena inisiatif ini datang dari pihaknya yang notabene bukan merupakan instansi level dinas, maka harus banyak tahapan yang dilalui.

Halaman
123
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved