Breaking News:

Terbang Melalui Bandara Soeta dan Halim Selama PSBB di DKI Jakarta, Penuhi Lima Persyaratan Ini

Selama PSBB calon penumpang pesawat yang melewati Banda Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kesuma harus memnuhi lima persyaratan protokol kesehatan

Dokumen Garuda Indonesia
Garuda Indonesia menerapkan pisycal distancing di dalam pesawat dengan memberikan jarak antar penumpang sehingga tidak duduk berdekatan dan setiap penerbangan juga dibatasi maksimal keterisian kursi 50 persen.(ist) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Bagi mereka yang berencana terbang melalui Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kesuma, harus memenuhi protokol kesehatan dengan memenuhi beberapa persyaratan.

Menurut Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin pengguna moda transportasi udara untuk memperhatikan syarat terbang selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta jilid II yang mulai berlaku 14 September sampai dua pekan ke depan atau 28 September 2020.

Sebagai patokan, dia katakan, penumpang harus memperhatikan lima hal penting selama berada di bandara.

"Dengan memperhatikan 5 hal pokok tersebut, penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma dapat membantu kelancaran penerbangan di tengah masa PSBB DKI Jakarta," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (14/9/2020).

Lima hal pokok yang dia maksud adalah:

1. Penumpang pesawat rute domestik yang ingin terbang wajib membawa surat hasil Rapid Test atau PCR Test yang berlaku maksimal 14 hari pada saat keberangkatan. Adapun SIKM bagi penumpang pesawat yang berangkat/tiba di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma tak lagi dibutuhkan.

2. Penumpang rute internasional yang ingin terbang diimbau untuk menghubungi maskapai atau kedutaan negara tujuan untuk mengetahui berbagai persyaratan perjalanan.

3. Penumpang rute internasional yang mendarat di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma harus membawa hasil PCR Test dari negara keberangkatan. Bila tidak membawa, PCR Test akan dilakukan saat tiba. Traveler akan dikarantina hingga hasil tes keluar.

4. Penumpang rute domestik dan penumpang rute internasional yang baru mendarat wajib sudah mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card/HAC) melalui aplikasi e-HAC atau formulir kertas.

5. Penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, akan melalui sejumlah pemeriksaan di antaranya suhu tubuh; surat hasil Rapid Test/PCR Test; security check point untuk pemeriksaan barang bawaan; meja check in, untuk penerbitan boarding pass dan pemeriksaan surat hasil Rapid Test/PCR Test; boarding pass untuk naik pesawat; serta e-HAC atau HAC bagi penumpang yang baru mendarat.

Selain hal-hal pokok tersebut, penumpang juga wajib memperhatikan informasi lainnya seperti kewajiban memakai masker saat di bandara dan ketika naik pesawat, menerapkan jaga jarak (physical distancing), serta harus selalu terinformasi mengenai operasional penerbangan semisal jika ada perubahan jadwal keberangkatan pesawat.

Penumpang pesawat juga hendaknya mengetahui ketentuan di masa PSBB DKI Jakarta misalnya terkait dengan penggunaan mobil pribadi dan transportasi publik.

Penumpang pesawat yang melintasi lalu lintas Jakarta dengan mobil pribadi harus memperhatikan bahwa kapasitas maksimal hanya boleh diisi 2 orang per baris kursi, kecuali 1 domisili.

Kehilangan Kekayaan Rp 71,3 Triliun, Bos Djarum Ngadu ke Jokowi Tolak PSBB Jakarta Beri 2 Alasan

Jasa Kurir Tetap Berjalan Seperti Biasa, Hadapi Pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta

Astrazeneca Siap Lanjutkan Uji Klinis Vaksin Corona, Setelah Dihentikan Pada Pekan Lalu

Bagi penumpang pesawat yang melintasi lalu lintas Jakarta dengan transportasi public,” Harap mempersiapkan keberangkatan sedini mungkin karena dilakukan pembatasan kapasitas, pengurangan frekuensi layanan dan armada,"ujarnya.

Artikel ini telah tayang dikontan.co.id dengan judul https://nasional.kontan.co.id/news/berencana-terbang-lewat-soekarno-hatta-dan-halim-perhatikan-lima-hal-penting-ini

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved