Breaking News:

Akan Ada 133 juta Pekerjaan Baru, Menggantikan 75 juta Pekerjaan Yang Hilang Diganti Teknologi

Setidaknya ada 75 juta pekerjaan akan hilang karena diambil alih teknologi. Namun akan ada 133 juta pekerjaan baru menggantikan pekerjaan yang hilang

https://www.google.co.id/
Ilustrasi - Ilustrasi. 

 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Kedepan akan ada 75 juta pekerjaan yang hilang karena digantikan teknologi. Namun demikian ada pula 133 juta pekerjaan baru yang akan menggantikan pekerjaan yang hilang tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Alex Denni dalam acara launching core values akhlak PT Pos Indonesia (Persero) secara virtual, Senin (14/9/2020).

"Pekerjaan yang bersifat rutin dan tidak memerlukan banyak inovasi akan tergantikan oleh teknologi. Tetapi pekerjaan yang hilang itu akan digantikan dengan pekerjaan baru," katanya.

Pekerjaan yang akan hilang tersebut di antaranya data entry, accounting, payroll, administrative, factory workers, hingga auditor.

"Akan tetapi, pekerjaan yang baru yang akan menggantikan pekerjaan yang hilang jauh lebih banya. Diperkirakan dalam dua tahun mendatang ada 133 juta pekerjaan baru,"kata Alex.

Alex memberikan contoh beberapa pekerjaan yang sudah hilang, seperti terjadi di BUMN misalnya customer service di gerbang tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Contoh berikutnya PT Pos Indonesia (Persero) sudah lebih dahulu kehilangan banyak pekerjanya yakni pengantar surat karena digantikan oleh perangkat pesan elektronik.

"Kalau dahulu kita generasi sebelum milenial senang menunggu Pak Pos datang ke asrama untuk antar surat. Sekarang melalui gadget ratusan bahkan ribuan pesan bisa masuk dalam sehari," terang Alex.

Alex berpendapat adanya pandemi Covid-19 seharusnya menjadikan bisnis BUMN bisa bertransformasi lebih cepat.

Karena itu, perlunya kekompakan dari manajemen, karyawan, dan serikat, agar BUMN bisa semakin beradaptasi terhadap perubahan zaman.

Lulus Kuliah Jangan Lagi Berpikir Cari Kerja Tapi Mahasiswa Dituntut Kreatif Buka Lapangan Kerja

KAYA RAYA, 6 Artis Ini Bikin Lapangan Kerja untuk Orang Lain, Rela Gaji Karyawan Puluhan Juta/Bulan

Diimingi Dikasih Pekerjaan, Pria Paruh Baya di IB I Palembang Ini Kehilangan Motor

"Tanpa kita sadari banyak kompetitor sedang mengepung. Tanpa kekompakan mustahil kita bisa mencapai kinerja sesuai yang ditargetkan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 75 Juta Pekerjaan Akan Hilang Digantikan Teknologi, Apa Saja?, https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/09/14/75-juta-pekerjaan-akan-hilang-digantikan-teknologi-apa-saja.

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved