Breaking News:

Para Penerima Bantuan Subsidi Gaji yang tak Sesuai Kriteria Diingatkan untuk Segera Kembalikan Dana

Evaluasi subsidi gaji ini tak hanya dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, tetapi turut melibatkan BPJS Ketenagakerjaan dan pihak bank Himbara.

INSTAGRAM/@jelajahsolo-Tribunnews.com/Facundo Chrysna
Ilustrasi: Bantuan senilai Rp 600 ribu tahap pertama cair mulai Kamis (27/8/2020). Segera cek saldomu untuk memeriksa apakah bantuan sudah masuk. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Para penerima bantuan subsidi gaji yang tidak sesuai kriteria diingkatkan agar segera mengembalikan dana yang diterimanya kepada negara.

Hal ini dinyatakan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Meski begitu, sejauh ini Ida Fauziyah mengatakan belum ada pengembalian dana yang dilakukan.

Cara Cek Calon Penerima BLT Rp 600 Ribu Tahap 3 Segera Cair Akses di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Tahap 3 Keluar 11 September 2020, Coba Cek Konfirmasi

"Sampai saat ini kami belum mendapat laporan formal dari para penerima bantuan subsidi upah/gaji apabila ada dari mereka yang ingin mengembalikan subsidi yang telah diterima," ujar Ida kepada Kontan, Jumat (11/9/2020). 

Dia mengatakan, evaluasi ini tak hanya dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, tetapi turut melibatkan BPJS Ketenagakerjaan dan pihak bank Himbara.  

Sebelumnya, Ida menyebut penerima yang wajib mengembalikan bantuan tersebut adalah orang yang tidak sesuai dengan kriteria dalam Permenaker 14 tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja Buruh dalam Penanganan dampak Covid-19.

AYO Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta Bisa Online dan Manual, Bantuan untuk UMKM Diperpanjang Sampai 2021

Dalam aturan tersebut, persyaratan penerimanya adalah warga negara Indonesia, terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kepesertaan, pekerja/butuh penerima gaji/upah, kepesertaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Tak hanya bagi penerima subsidi yang tak sesuai kriteria, Ida juga mengingatkan pemberi kerja yang tidak memberikan data yang sebenarnya akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Catat, ini golongan yang mesti kembalikan subsidi gaji yang sudah diterima

Editor: Sudarwan
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved