Breaking News:

Travelling

Jelang HUT RI Bukit Besar Lahat Dipadati Pendaki Melenial, Menikmati Pemadangan dari Ketinggian

Bukit Besar (Bukit Besak) yang berada di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, ramai dikunjungi.

SRIPOKU.COM/Maya Citra Rosa
Para pengunjung memadati puncak Bukit Besar Lahat dan menggelar tikar serta tenda di atas ketinggian 1700 meter dari permukaan laut (DPL) (foto 8 Agustus 2020) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sejak beberapa tahun terakhir, Bukit Besar Lahat atau sering disebut Bukit Besak, yang berada di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, sangat ramai dikunjungi para pendaki.

Terutama pada akhir pekan dan libur panjang, juga setiap mendekati hari kemerdekaan RI, 17 Agustus, bukit besar Lahat yang memiliki pemandangan hijau ini selalu dipenuhi oleh para pendaki kaum milenial.

Mulai dari minggu lalu, pada 8-9 Agustus 2020 hingga pada hari ini, Senin, (17/8/2020) Bukit Besar Lahat  sudah dipenuhi para pendaki yang ingin mengabadikan momentum peringatan Hari Kemerdekaan RI di bukit tersebut.

Berjarak 217 KM atau sekitar 5 jam dari Kota Palembang dapat dilewati menggunakan jalur darat, kendaraan roda empat maupun dua, juga dapat menggunakan transportasi Kereta Api yang dapat berhenti di Statiun Lahat.

Sedangkan jarak dari Kota Lahat ke Desa Tanjung Beringin, sekitar 2 jam perjalanan hingga dapat sampai di desa tersebut.

Sobaruddin, salah satu pendaki dari Sungai Lilin, Musi Banyuasin mengatakan bahwa sejak minggu lalu, Bukit Besak sudah mulai ramai oleh para pendaki, namun puncak keramaian terjadi pada Minggu-Senin, 16-17 Agustus 2020.

Sobar bercerita, sepanjang jalur pendakian yang ramai, para pendaki bahkan mengantre agar dapat melewati track menuju puncak sejauh 1700 meter diatas permukaan laut (Mdpl) ini.

Dengan jumlah ribuan para pendaki tersebut, sehingga membuat pelataran Bukit Besar Lahat juga disesaki tenda-tenda para pendaki.

“Iya, hari ini ramai sekali, ini sudah dari minggu lalu, kalo hari Peringatan kemerdekaan RI memang setiap tahun akan ramai seperti ini,” ujarnya.

Sobar yang seringkali menjadi guide bagi para pendaki pemula mengatakan butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk mendaki Bukit Besak, dengan track dari bawah yang masih landai, setelah pos 1 mulai jalur tanah dengan menanjak, terus menuju pos 2 yang semakin berbatu dan beberapa bantuan tangga, karena akses yang sulit untuk dilewati tanpa bantuan.

Halaman
12
Penulis: maya citra rosa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved