Breaking News:

Berita PALI

Prioritaskan Insfrastruktur, Inovasi Desa Tanding Marga PALI Tingkatkan Pendapatan Asli Desa

Seperti pembangunan Pasar Tradisional Desa Tanding Marga yang ramai pada tiap hari Rabu ini disesaki baik pedagang dan pembeli, sehingga perputaran

SRIPOKU.COM/Reigan Riangga
Aktivitas warga saat bertransaksi jual beli di Pasar Tradisional Desa Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALI - Pembangunan infrastruktur berupa bangunan fisik gedung tetap menjadi prioritas utama Pemerintah Desa Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel.

Kian mewabahnya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membuat Anggaran Dana Desa dialihkan untuk Bantuan Langsung Tunai agar mobilitas masyarakat desa tetap berjalan baik.

Namun demikian, pembanguan gedung yang diperuntukkan sentral ekonomi masyarakat serta pendidikan dan fasilitas olahraga ini terus digalakkan.

Seperti pembangunan Pasar Tradisional Desa Tanding Marga yang ramai pada tiap hari Rabu ini disesaki baik pedagang dan pembeli, sehingga perputaran ekonomi tetap berjalan.

Gedung pasar berkapasitas 30 lapak dagangan ini, disesaki para pedagang yang menggelar hingga memenuhi halaman parkir bangunan pasar.

"Kedepannya akan lebih ditata lagi, sehingga akan mendapatkan income (pendapatan) bagi desa kami untuk pendapatan desa. Setidaknya bisa mensejahterakan para pengelola, perangkat desa serta warga desa kami." ungkap Kepala Desa Tanding Marga, Akhmad Rivai, Minggu (2/8/2020).

Menurut Rivai pihaknya dengan sengaja berinovasi memprioritaskan infrastruktur berupa kontruksi bangunan gedung, hal ini mempertimbangkan ketahanannya lebih lama jika dibandingkan dengan jalan maupun siring.

"Sektor pendidikan kami ada pembanguan untuk PAUD. Alhamdulillah, muridnya terus meningkat dan mudah-mudahan bisa melajutkan ke jenjang berukutnya, selain bangunan PAUD ini bisa juga mengedukasi." jelasnya.

Selain ada juga fasilitas berupa gedung olahraga, Pemdes Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara ini juga telah melakukan musyawarah desa untuk pemberian dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 206 kepala keluarga yang terbagi empat (4) dusun.

"Penyaluran BLT sudah masuk tahap 4. Kedepan semoga lancar dan bermanfaat bagi warga terdampak Covid-19 ini. Kami juga berterimakasih kepada Pemda PALI telah menganggarkan japan beton, sehingga desa kami bisa untuk melakukan pemekaran wilayah," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa PALI, Ghani Akhmad melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Edi Irawan berkata bahwa tiap kepala desa di Bumi Serepat Serasan terlebih dahulu melakukan Musdes agar penggunaan ADD bisa efektif dan dimanfaatkan masyarakat banyak.

"Para kepala desa harus terus berinovasi demi meningkatkan perekonomian dan memanfaatkan potensi desa yang ada," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved