Breaking News:

Manusia, Nomophobia Dan Corona

Istilah Nomophobia memang belum terlalu akrab di telinga kita, meski kenyataannya ba­nyak diantara kita yang tanpa sadar telah mengidapnya.

Manusia, Nomophobia Dan Corona
ist
Rillando Maranansha Noor, SE

Oleh : Rillando Maranansha Noor, SE

Statistisi Pertama BPS Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan

Istilah Nomophobia memang belum terlalu akrab di telinga kita, meski kenyataannya ba­nyak diantara kita yang tanpa sadar telah mengidapnya.

Nomophobia sendiri me­ru­­pa­kan singkatan dari no mobile phone phobia yang merupakan suatu sindrom di­mana pen­deritanya akan merasa ketakutan bila tidak memiliki telepon genggam atau tidak memi­liki akses ke telepon genggam.

Menggunakan smartphone membuat kita me­rasa dunia sudah berada dalam genggaman kita, namun tanpa kita sadari kita lah yang te­lah digenggam oleh kepintaran smartphone tersebut, dan kita kesulitan untuk mele­pas­kan genggaman tersebut.

Terlalu Banyak istilah untuk masa sekarang ini seperti era Revolusi Industri 4.0, era disrupsi atau era milennial.

Apa pun istilah yang digunakan untuk penyebitan masa se­karang ini, yang paling pasti adalah era ini ditandai dengan kemajuan teknologi, ter­u­tama Internet of Think (IoT), dimana internet adalah segalanya. Industri tek­no­lo­gi pun telah telah merajai perekonomian dunia, setidaknya dengan kehadiran na­ma-nama pengusaha di bidang teknologi yang memuncaki daftar nama orang terkaya di dunia se­­perti Jeff Bezos, Bill Gates, Larry Pages, Mark Zuckerber, maupun Larry Ellison.

 Ellon Musk yang dikenal dengan sebutan “Iron Man” nya dunia nyata dan per­usahaan mo­bil listrik Tesla-nya pun layak diperhitungkan.

Intensitas manusia dalam penggunaan telepon genggam lah yang menyebabkan ma­nusia menderita Nomophobia.

Penggunaan dan larutnya manusia dalam media sosial, ga­me, dan email telah merampas sebagian waktu manusia yang pada akhirnya men­jadi sebuah ketergantungan.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved