Breaking News:

Berita Palembang

Walikota Palembang Harnojoyo Kurban Seekor Sapi Limosin di Masjid Agung Palembang

Momentum perayaan hari raya kurban tahun ini, Walikota Palembang, H Harnojoyo kembali menyerahkan seekor sapi peranakan Limosin

SRIPOKU.COM / Rahmaliyah
Penyerahan hewan kurban ke pengurus Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, Jumat (31/7/2020) 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Momentum perayaan hari raya kurban tahun ini, Walikota Palembang, H Harnojoyo kembali menyerahkan seekor sapi peranakan Limosin kepada Pengurus Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, Jumat (31/7/2020).

Harno mengatakan, penyerahan kurban ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini.

"Saya serahkan ini ke pengurus masjid untuk dipotong, dan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya," ujarnya singkat.

Hindari Perkumpulan Massa Gubernur Sumsel Herman Deru Salat Idul Adha di Musala Griya Agung

 

UIN Raden Fatah Palembang Klarifikasi, Dana Stimulus UKT Tidak Dicairkan ke Rekening Mahasiswa

Sementara itu, Dalam tata pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Pemerintah Kota Palembang bersama Kementerian Agama dan MUI Kota Palembang telah mengeluarkan surat edaran terkait protokol kesehatan yang harus diperhatikan selama pelaksanaan penyembelihan kurban.

Dalam SE Kepala Kantor Kementerian Agama kota Palembang nomor 1626 /tahun 2020 misalnya, di tengah pandemi saat ini penyelenggaraan penyembelihan hewan qurban harus memenuhi sejumlah persyaratan, diantaranya pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan untuk penerapan jarak fisik, penyelenggara juga mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan dan hanya diperbolehkan untuk dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban, pengaturan jarak antara panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan dan pengemasan daging.

Warga Palembang Antusias Pegang Kepala Sapi Besar di Masjid Agung Palembang, Foto untuk Kenangan

 

Herman Deru Serahkan Bantuan Kurban Sapi Miliknya dan Presiden Jokowi di Masjid Agung Palembang

Kemudian, setiap panitia yang melakukan penyembelihan harus menggunakan masker pakai lengan panjang dan sarung tangan selama di area penyembelihan.

Begitu pula untuk kebersihan alat, sebelum pemotongan dilakukan pembersihan dan desinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan.
Lalu menerapkan sistem Satu orang satu alat.

jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain maka harus dilakukan disintesis belum digunakan.

Ketua MUI Kota Palembang, Saim Marhadan juga mengimbau agar tidak terjadi kerumunan masa di area pemotongan kurban, diharapkan panitia kurban selesai pemotongan, pengulitan , pencacahan maka untuk pendistribusian daging hewan Kurban dilakukan oleh panitia pula ke rumah mustahik.

"Jadi diantarkan langsung ke rumah, atau kalaupun harus ke lokasi pemotongan cukup diwakilkan saja misalnya RT atau satu orang ambil untuk berapa rumah tetangganya," tutupnya.

Skakmat, Borok Richard Kyle Terkuak oleh Jedar, Erick Bana Beri Sindiran Menohok: Kan Sudah Diduga

 

Ini 17 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Daerah di Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Masak di Rumah

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved