Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Kuota Internet Beratkan Orangtua, Pengamat Pendidikan: Perlu Adanya Bantuan Sosial dari Pemerintah

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang mengharuskan siswa belajar dengan sistem daring, memanfaatkan smartphone dan internet.

sripoku.com/leni
Seorang pelajar di OKU belajar secara daring. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang mengharuskan siswa belajar dengan sistem daring, memanfaatkan smartphone dan internet.

Namun sistem tersebut justru memberatkan para orangtua, yang harus membeli kuota internet lebih besar dibandingkan dengan sebelum adanya PJJ.

Menurut Pengamat Pendidikan dan Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed, kondisi ini tidak dapat dihindari dalam pandemi Covid-19.

Untuk menghindari anak putus sekolah atau ketidak ikutsertaan anak dalam PJJ ini, diperlukan peran dan bantuan sosial pendidikan dari semua pihak, terutama antisipasi pemerintah.

"Pemerintah dapat memberikan bantuan sosial kepada para orang tua yang memiliki anak-anak sekolah dengan PJJ selama masa pandemi ini," ujarnya saat diwawancarai via whatsapp, Selasa (28/7/2020).

Idul Adha di Palembang, Presiden Jokowi Kurban Seekor Sapi Jenis Limosin Seharga Rp 85 Juta

 

Resep Pempek Adaan atau Pempek Bulet Khas Palembang, Dijamin Lezat & Cocok Dijadikan Cemilan Santai

Hal ini karena berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi selain kebutuhan sehari-hari terutama pangan, ditambah kebutuhan sekolah seperti kebutuhan internet.

Namun Disisi lain banyak orangtua mengalami penurunan pendapatan karena terbatasnya lapangan kerja.

Bahkan tidak sedikit orangtua yang kerja serabutan dan mngalami PHK.

Masuk tahun ajaran baru sekolah dengan penerapan PJJ, membuat semakin banyak kebutuhan orangtua yang dikeluarkan untuk biaya pendidikan anaknya.

Keterkaitan dengan kebutuhan internet misalnya, tidak semua orangtua dapat memenuhi kebutuhan internet bagi pendidikan anaknya.

Sehingga perhatian atas kualitas pendidikan juga perlu diberikan bagi anak-anak meskipun dalam masa wabah seperti saat ini.

POLISI Gendut di Muarenim Terjaring Razia, Ini Tips Diet Kapolres Muarenim AKBP Donni Eka Saputra

 

Polisi Berbadan Gendut di Polres Muaraenim Diminta Olahraga dan Diet

Walaupun pada akhirnya, memang harus diakui bahwa dampak pandemi Covid-19 bagi masyarakat, sekolah dan orangtua sangat memberatkan.

"Untuk itu perlu perhatian dan strategi dari semua elemen bangsa, untuk mempertahankan kualitas pendidikan bagi anak-anak," ujarnya.

Penulis: maya citra rosa
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved