Virus Corona di Sumsel

Covid-19 Masih Dianggap Sebelah Mata oleh Sebagian Warga Muaraenim, Banyak Warga tak Pakai Masker

Dinas Kesehatan Muaraenim datangi sejumlah pasar untuk menekan pedagang dan pembeli dalam mematuhi protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan maske

Editor: Refly Permana
Shutterstock/kompas.com
lustrasi pakai masker 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Dalam rangka menekan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Muaraenim, Dinas Kesehatan Muaraenim datangi sejumlah pasar untuk menekan pedagang dan pembeli dalam mematuhi protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim, Vivi Maryani, kepada Tribunsumsel.com Rabu (8/7/2020).

"Kita akui bahwa sejauh ini masyarakat kita ini masih banyak yang cuek terkait Covid-19 ini, hal ini terbukti masih banyaknya masyarakat yang tidak menggunakan masker," katanya.

Video : Pelaku Pembunuhan Perempuan Muda di Kamar Penginapan Macan Kumbang Ditangkap di Bengkulu

Dijelaskan Vivi, mengingat dua kecamatan di Muaraenim telah dinyatakan sebagai Zona Merah, untuk itu pihaknya lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi kemasyarakat.

" Untuk hari ini tergetnya adalah pasar, dengan harapan tidak ada cluster baru dari Covid-19 ini yang berasal dari pasar.

Untuk itu kita menggandeng instasi terkait, baik dari Disperindag, pihak kecamatan TNI, Polri, dan instansi lainnya.

Kami sama-sama turun melakukan sosialisasi untuk membuat masyarakat patuh akan protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker, dan hari ini pasar Muaraenim maupun Lawang Kidul menjadi target kita," katanya.

Dari hasil turun ke lapangan, lanjutnya masih banyak ditemui masyarakat yang tidak patuh terutama dalam penggunaan masker.

Gara-gara Pasien Covid-19 Kabur, Seluruh Penumpang Feri Dikarantina Sembari Tunggu Hasil Swab

"Baik pedagang maupun pembeli masih banyak yang tidak menggunakan masker saat di pasar, ini yang kita khawatirkan.

Dan harapan kita dengan adanya sosialisasi ini ada perubahan dalam diri masyarakat untuk membiasakan diri menggunakan masker," katanya.

Hal senada di katakan Camat Lawang Kidul, Andrille Martin, bahwa sejauh ini pihaknya sangat menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang kurang peduli untuk menjaga kesehatannya sendiri.

"Masker itukan untuk dirinya sendiri dan juga orang lain, jangan sampai kasus Covid-19 ini bertambah karena masyarakatnya tidak terbiasa dengan menerapkan protokol kesehatan, apalagi Lawang Kidul saat ini telah ditetapkan sebagai Zona merah," katanya.

Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved