Breaking News:

Kemenkeu Berencana Ubah Nilai Rupiah atau Redenominasi, Uang Pecahan Rp 1.000 Menjadi Rp 1?

Rencana tersebut tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemenkeu 2020-2024 yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 77/2020.

SRIPOKU.COM/ANTONI AGUSTINO
Ilustrasi: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana melakukan perubahan nilai rupiah atau redenominasi. Uang pecahan 1.000 diubah jadi Rp 1. 

SRIPOKU.COM - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana melakukan perubahan nilai rupiah atau redenominasi.

Rencana perubahan nilai rupiah atau redenominasi itu melalui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Harga Rupiah (RUU Redenominasi).

Rencana perubahan nilai rupiah atau redenominasi itu tersebut tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemenkeu 2020-2024 yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 77/2020.

Menguat, Berikut Nilai Tukar Rupiah Hari Selasa 7 Juli 2020 di 5 Bank

Ramalan Bintang Keuangan Selasa 7 Juli 2020: Taurus telah Melakukan Sangat Baik, Secara Profesional

Keuangan Sosial Islam Dan Upaya Penanggulangan COVID-19

Dituliskan dalam PMK tersebut urgensi redenominasi adalah menimbulkan efisiensi perekonomian berupa percepatan waktu transaksi, berkurangnya risiko human error, dan efisiensi pencantuman harga barang/jasa karena sederhananya jumlah digit rupiah.

"Menyederhanakan sistem transaksi, akuntansi dan pelaporan APBN karena tidak banyaknya jumlah digit rupiah," tulis Kemenkeu dalam PMK tersebut, Selasa (7/7/2020).

RUU tersebut ditargetkan rampung pada 2021 hingga 2024.

Sementara itu, pada Matriks Kerangka Regulasi Kemenkeu 2020-2024 yang terlampir pada Renstra, unit yang bertanggung jawab dalam menyusun RUU Redenominasi ini adalah Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan dibantu Sekretariat Jenderal dan Badan Kebijakan Fiskal selaku unit terkait.

Lantas, apa itu redenominasi? bagaimana dampaknya ketika sudah diterapkan?

Pengertian redenominasi

Mengutip tulisan Paul Sutaryono Pengamat Perbankan dan Mantan Assistant Vice President BNI yang dimuat Harian Kompas, 4 Agustus 2017, redenominasi merupakan pemotongan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya.

248 Polisi di Polda Sumsel Buat Pengakuan Pakai Narkoba, Ada yang Lama hingga Baru

Seorang Wanita Curhat dan Kaget Bayar Tambal Ban Rp600 Ribu, Pemilik Bengkel Angkat Bicara, Silikon!

Halaman
1234
Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved