Breaking News:

Metode Pembelajaran Jarak Jauh Bakal Permanen, Tujuh Poin Ini Harus jadi Bahan Perhatian Sekolah

ada tujuh hal yang harus diperhatikan guru dan murid agar proses belajar dan mengajar berjalan dengan baik.

CHINADAILY/Ke Hao
Pelajar tingkat lanjutan atas ( SLTA ) di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, kembali ke sekolah hari Rabu (6/5/2020). Lebih dari 50 ribu siswa sudah kembali menjalani proses belajar. 

SRIPOKU.COM - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, menjelang tahun ajaran baru 2020-2021, sebagian besar anak-anak Indonesia akan menerapkan pembelajaran jarak jauh akibat wabah Covid-19 atau Virus Corona.

"Keselamatan dan kesehatan anak-anak adalah yang paling utama," kata Reisa dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Reisa mengatakan, untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh, ada tujuh hal yang harus diperhatikan guru dan murid agar proses belajar dan mengajar berjalan dengan baik.

Bertambah Lagi Orang Dekat Donald Trump Positif Covid-19,Kali Ini Kimberly Guilfoyle Pacar Si Sulung

Pertama, bagi guru dan murid harus memahami cara pengoperasian alat-alat teknologi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh.

Kedua, para guru dapat membagi kelas menjadi kelompok belajar yang kecil dan melakukan diskusi kerja kelompok sehingga proses belajar akan lebih efektif.

Ketiga, guru dan murid sepakat mengerjakan tugas kelompok dan menciptakan tantangan atau lomba yang memerlukan kolaborasi.

"Keempat, alokasikan waktu untuk murid-murid yang tertinggal atau kurang memahami sesi pembelajaran. Pastikan semua murid sudah hampir sama pemahaman terhadap subjek yang diajarkan," ujarnya.

Uninstall TikTok Ramai Diserukan di Media Sosial, Cewek Manis di Palembang Ini tak Sependapat

Kemudian, menurut Reisa, poin kelima, para guru harus fokus pada subjek pembelajaran agar dapat membantu kemampuan para murid untuk sukses dalam mata pelajaran.

Keenam, apabila cara mengajar belum maksimal, para guru dapat memodifikasi cara mengajar agar lebih mudah dipahami para murid.

"Begitu juga dengan murid, bagaimana mengikuti pembelajaran dengan baik meski online," ucapnya.

Terakhir, menurut Reisa, para guru harus dapat membuat suasana belajar dan mengajar di sesi online menyenangkan bagi para murid.

"Cara membuat sesi online jadi riang gembira serta mudah mentransformasikan pengetahuan adlaah dengan berkreasi dan tentunya dengan bekerja sama," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Covid-19"

Editor: Refly Permana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved