Berita Muaraenim

Pemkab Muaraenim Terima Dana Bantuan Khusus Siaga Bencana Asap dan Karhutla

Pemkab Muaraenim menerima Dana Bantuan Khusus untuk Siaga Bencana Asap dan Karhutla dari Propinsi Sumsel sebesar Rp 5 miliar.

SRIPOKU.COM/Ardani Zuhri
Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla di Kebun Raya Patra Tani Sriwijaya, di Desa Patra Tani, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, Selasa (30/6/2020). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM-- Mengantisipasi kondisi tahunan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Asap di Provinsi Sumatera Selatan, Pemkab Muaraenim menerima Dana Bantuan Khusus Siaga Bencana Asap dan Karhutla dari Propinsi Sumsel.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada Plt Bupati Muaraenim H Juarsah, pada apel
Kesiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutla di Kebun Raya Patra Tani Sriwijaya, di Desa Patra Tani, Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muaraenim, Selasa (30/6/2020).

Dalam kegiatan ini, Pemkab Muaraejim menerima bantuan dana dari Gubernur Sumatera Selatan untuk Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla di Kabupaten Muaraenim.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan sebesar Rp 5 miliar yang diperuntukkan bagi pengadaan peralatan personil pemadam kebakaran, mobil tanki mesin pompa, genset, peralatan komunikasi dan lain sebagainya.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyampaikan bahwa kegiatan apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil dan peralatan lintas sektoral, baik pemerintahan daerah, Kepolisian, TNI, BNPB maupun masyarakat luas dalam menghadapi Karhutla di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Kapolda Sumsel Hadiri Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

Polres OKI Bolehkan Acara Keramaian Pernikahan Tapi Jika Dibarengi Joget Dangdutan akan Dibubarkan

Seorang Petugas Samsat Pagaralam Positif Covid-19, Ketua DPRD: Jangan Sampai Kecolongan Lagi

"Saya minta semua institusi yang ada diminta agar fokus pada patroli dan sosialisasi langsung kepada masyarakat," tegas Herman Deru.

Sementara itu Plt. Bupati Muaraenim H Juarsah menyatakan siap mencegah dan menanggulangi bencana asap akibat Karhutla.

Pada awal bulan ini, Kabupaten Muaraenim telah menetapkan status Siaga Darurat Bencana Karhutla melalui SK Nomor 468/KPTS/BPBD/2020 tertanggal 2 Juni 2020.

Disamping itu, pihaknya juga telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menyiapkan delapan Pos Komando (Posko) yang tersebar di kawasan lahan gambut dan kawasan lahan organik.

Tak hanya itu, semua perusahaan BUMN/BUMD/BUMS yang beroperasi di Kabupaten Muaraenim, termasuk aparat mulai dari desa hingga kecamatan juga telah disiagakan.

Juarsah, juga memastikan akan memaksimalkan personil dan peralatan dalam menghadapi bencana tahunan ini. Apalagi dengan bantuan dana dari Gubernur tentunya akan menambah daya dan usaha dalam menunjang kegiatan tersebut.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved