Breaking News:

Berita Pagaralam

KAPOLRES Pagaralam AKBP Dolly Gumara Bentuk Tim Relawan Cegah Karhutla Setiap Kelurahan

Hal Ini juga sesuai arahan Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru menggelar rapat koordinasi video conference

dok. pribadi
Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIk MH 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Memasuki musim kemarau saat ini, menjadi perhatian penuh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam bersama Polres Kota Pagaralam, hal ini guna mencegah Potensi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayah Pagaralam

Hal Ini juga sesuai arahan Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru menggelar rapat koordinasi video conference, beberapa waktu lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun, untuk mencegah terjadinya Karhutlah diwilayah Hukum Polres Pagaralam, pihaknya mulai melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini. Salah satunya yaitu membentuk tim relawan Karhutlah.

"Untuk mencegah serta memberi pembinaan kepada masyaraka tentang bahayanya bencana kebakaran hutan, kita bersama pihak pemerintah akan membentuk tim relawan karhutlah di setiap kelurahan dengan masing-masing 10 orang," ujar Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH, Rabu (24/6/2020).

Selain itu, relawan ini dibentuk, untuk menjadi mitra Polres dalam Proses mitigasi sekaligus penegakan hukum untuk bencana karhutlah. Pasalnya 10 tersebut yang akan selalu ada dilapangan.

"Karna yang kita tahu kasus karhutlah ini hit and run, jadi harus benar-benar dibentuk kesadaran masyarakat, dan yang akan menyadarkan bahaya karhutlah nanti ya 10 orang tersebut dengan tetap di bantu pihak Polri dan TNI," jelasnya.

Disinggung soal sanksi tegas untuk para pelaku yang berani membuka lahan dengan dibakar Kapolres menjelaskan, untuk tindakan tegas yaitu terapkan ultimatum medium atau penegakan hukum adalah pilihan terakhir.

"Dalam arti ketika kita sudah ingatkan dan memberikan pembinaan namun masih saja ada masyarakat yang membandel disana akan kita kenakan sanksi," tegasnya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved