Breaking News:

Presiden: Kebakaran Hutan 99 Persen karena Ulah Manusia

Seluruh kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air setiap tahunnya 99 persen disebabkan oleh ulah manusia.

Editor: Salman Rasyidin
kompas.com/ANTARA
Ilustrasi --Kebakaran hutan Gunung Ranti terlihat dari Tawonan, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (19/10/2019). Kebakaran hutan tersebut menyebabkan jalur pendakian Gunung Ijen ditutup sementara serta diperkirakan empat pendaki masih terjebak di puncak.   

SRIPOKU.COM --Seluruh kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air setiap tahunnya 99 persen disebabkan oleh ulah manusia.

Menurut Presiden Jokowi, hanya sedikit saja peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang murni disebabkan karena alam.

"Kita tahu 99 persen kebakaran hutan karena ulah manusia," kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait antisipasi kebakaran hutan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Ia menyebut, ulah manusia penyebab kebakaran hutan itu ada yang tidak disengaja atau karena kelalaian.

Namun ada juga yang memang sengaja membakar hutan.

Tujuannya biasanya tidak lain untuk membuka lahan baru.

Presiden Jokowi pun meminta penegak hukum tak membiarkan praktik yang merusak lingkungan dan merugikan banyak orang ini.

Selain hutan yang terbakar, biasanya kebakaran hutan juga menimbulkan kabut asap tebal yang dapat membuat warga mengalami gangguan pernafasan.

"Oleh sebab itu, penegakan hukum harus tegas dan tanpa kompromi untuk menyelesaikan masalah ini," kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negaraturut menegaskan bahwa masalah antisipasi kebakaran hutan ini harus menjadi perhatian meskipun saat ini pemerintah masih fokus menangani pandemi Covid-19.

Menurut dia, BMKG memperkirakan puncak kemarau jatuh pada Agustus sehingga seluruh jajaran terkait, baik di pusat dan daerah, masih memiliki waktu mempersiapkan diri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: 99 Persen Kebakaran Hutan Karena Ulah Manusia", 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved