Breaking News:

Buya Menjawab

Penutupan Masjid Saat Wabah Pandemi Covid-19

PSBB atas izin Menteri Kesehatan, sebelum izin tersebut disetujui Menteri apa sudah dibolehkan pihak berwenang menutup masjid?

sripoku.com/nisa
Ilustrasi - Jemaah sholat Jumat di Masjid Agung Palembang pada 12 Juni 2020. 

SRIPOKU.COM - Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
USTADZ, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atas izin Menteri Kesehatan, sebelum izin tersebut disetujui Menteri apa sudah dibolehkan pihak berwenang menutup masjid?

Mohon penjelasan Ustdaz.

Terimakasih. 081171xxxx

Pandemi Covid-19 Bikin Daya Ingat Melemah, Termasuk pada Orang dengan Ingatan Super

Puncak Pandemi Covid-19 di Sumsel Terjadi Pada Akhir Juni, Ini Penjelasan Dosen Epidemiologi Unsri

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Youtube Sriwijayapost di bawah ini:

Jawab:
Waalaikumussalam.Wr.Wb.
Sebelum Menteri Kesehatan mengeluarkan izin PSBB, pemerintah mempedomani Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 14 Th 2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Wabah Corona.

Pada Ketentuan Hukum angka 3 menyatakan;
3. Orang yang sehat dan yang belum diketahui atau diyakini tidak terpapar Covid-19, harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a. Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan shalat Jumat dan menggantikannya dengan shalat zuhur ditempat kediaman, serta meninggalkan jamaah shalat lima waktu/rawatib, Tarawih dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya.

b. Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya rendah berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia tetap wajib menjalankan kewajiban ibadah sebagaimana biasa dan wajib menjaga diri agar tidak terpapar virus corona, seperti tidak kontak fisik langsung (bersalaman, berpelukan, cium tangan), membawa sajadah sendiri, dan sering membasuh tangan dengan sabun.

Dan jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved