Gema Pancasila

Gema Pancasila Penguat Metamorfosis Pembelajaran

“Saya Indonesia, Saya Pancasila” saat ini perlu diimplementasikan dalam aksi Nyata, bukan hanya sekedar retrorika, lakukan yang bisa dilakukan.

Gema Pancasila Penguat  Metamorfosis Pembelajaran
ist
Dr. Kencana Sari, M.Pd

 

Oleh : Dr. Kencana Sari, M.Pd

Analis pelaksana kurikulum SMA Dinas Pendidikan Provinsi. Sumatera Selatan dan Tenaga Pengajar Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.

“Saya Indonesia, Saya Pancasila” saat ini perlu diimplementasikan  dalam aksi Nyata, bukan hanya sekedar retrorika, lakukan yang bisa dilakukan, wujudkan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat, kuat dan bersatu mengatasi masalah COVID-19 dalam kontek pembelajaran.

Kondisi Pandemi Covid-19 yang saat masih berhenti mengakibatkan perubahan secara tiba-tiba da­lam masyarakat keseharian individu dan aktivitas dalam segala bidang.

Diantaranya bidang Pendidikan.

Hampir 45 juta pelajar Sekolah dasar dan menengah diarahkan untuk melakukan pembelajaran dari rumah.

Dalam disrupsi teknologi berperan besar menguasai pembelajaran di masa pandemic ini, yang kebiasaan semula proses belajar mengajar  dilaksanakan 100 persen di sekolah.

Di sisi tidak dapat kita pungkiri, berdasarkan data-data yang ada,  d iatas 50 persen masyarakat (o­rangtua Pelajar) dan pelajar itu sendiri berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Data yang di­lansir sebelum pandemic dimulai, kemungkinan peluang terburuk kendala ekonomi lebih besar.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved