Virus Corona

Kemenkes Keluarkan Protokol Kesehatan, Karyawan Diminta Olahraga Bersama dan Berjemur Saat Istirahat

Keputusan Menkes tersebut mengatur protokol kesehatan bagi karyawan yang bekerja di rumah maupun kantor selama pandemi Covid-19.

SHUTTERSTOCK
ilustrasi berjemur 

SRIPOKU.C0M, JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan panduan pencegahan dan pengendalian virus corona atau covid-19 di tempat kerja perkantoran dan industri.

Panduan atau pedoman bagi karyawan perkantoran dan industri ini dikeluarkan dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Panduan ini untuk diterapkan selama pandemi Covid-19.

Pada hari pertama kerja pasca lebaran Idul Fitri 1441 H, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan didampingi Wakil Bupati Hj Suwarti menggelar rapat staf dan bersilaturahmi bersama jajaran pejabat Pemkab Musi Rawas sambil berjemur dibawah terik matahari pagi di halaman Pemkab Musi Rawas, Selasa (26/5/2020).
Pada hari pertama kerja pasca lebaran Idul Fitri 1441 H, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan didampingi Wakil Bupati Hj Suwarti menggelar rapat staf dan bersilaturahmi bersama jajaran pejabat Pemkab Musi Rawas sambil berjemur dibawah terik matahari pagi di halaman Pemkab Musi Rawas, Selasa (26/5/2020). (sripoku.com/rozi)

Pedoman tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/ MENKES/328/2020 tanggal 20 Mei 2020.

Keputusan Menkes tersebut mengatur protokol kesehatan bagi karyawan yang bekerja di rumah maupun kantor selama pandemi Covid-19.

PSBB Palembang Diperpanjang, Besok Masjid Agung Gelar Salat Berjemaah, Rumah Ibadah Izinkan Dibuka

Covid-19 Belum Hilang Virus Ebola Muncul Kembali di Kongo, Virus Apa Itu & Bagaimana Penyebarannya?

Kebanyakan Pelanggar PSBB Palembang Memilih Hukuman Menyanyikan Lagu Wajib Dibandingkan Menyapu

Jika manajemen kantor memberlakukan kebijakan karyawan bekerja di kantor, manajemen harus menjamin kebersihan kantor dan kesehatan para karyawan.

Pada Bab II Keputusan Menkes itu disebutkan manajemen dapat mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja guna menjamin kesehatan para karyawan.

Ilustrasi.
Ilustrasi. (https://beverly.es/)

Contoh pola hidup sehat yang diimbau untuk dilakukan adalah olahraga bersama sebelum kerja dengan tetap menjaga jarak aman dan berjemur saat jam istirahat.

Selanjutnya, para karyawan di kantor dianjurkan rutin mencuci tangan menggunakan sabun saat tiba di tempat kerja, sebelum makan, setelah kontak dengan orang lain, setelah dari kamar mandi, atau setelah memegang benda yang kemungkinan terkontaminasi virus corona.

Bagi karyawan yang sedang batuk, mereka diimbau untuk membudayakan etika batuk dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam.

Fitrianti Agustinda Pastikan Sekolah di Palembang Tidak Dibuka, Mulai Besok Guru & Staf Mulai Kerja

Jangan Gegabah dengan New Normal, Jauhi Tempat-tempat Ini, Risiko Penularan Covid-19 Bisa 100 Kali

Hari Terakhir PSBB Palembang, Masih Banyak Pelanggar Tercatat di Posko Check Point Sudirman

Apabila menggunakan tisue, tisue yang digunakan untuk menutup mulut dan hidung saat batuk harus segera dibuang ke tempat sampah.

Para karyawan juga diimbau untuk menggunakan alat pribadi untuk shalat dan makan.

Terakhir, karyawan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang guna menjaga imunitas tubuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Protokol Kesehatan Kemenkes: Karyawan Diminta Olahraga Bersama dan Berjemur Saat Istirahat Kerja di Kantor"Penulis : Rindi Nuris Velarosdela

Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved