Berita Palembang

Pentingnya Kemampuan Presentasi Akademik Berbahasa Inggris Bagi Guru SD di Era Revolusi Industri 4.0

Pada era revolusi industri 4.0, seorang guru diingatkan tidak hanya perlu dibekali kemampuan menggunakan perangkat teknologi yang memadai.

Handout/Sripoku.com
Seorang guru setidaknya bisa melakukan presentasi akademik sederhana dalam bahasa Inggris, Senin (1/6/2020) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Pada era revolusi industri 4.0, seorang guru diingatkan tidak hanya perlu dibekali kemampuan menggunakan perangkat teknologi yang memadai.

Tetapi juga kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni sebagai bekal dasar untuk menghadapi tantangan di dunia pendidikan.

Guru merupakan garda terdepan dalam dunia pendidikan yang berkontribusi membentuk berbagai profesi di masa mendatang.

Oleh karena itu, setiap guru perlu meningkatkan beragam kompetensi yang dimilikinya terutama kemampuan berbahasa Inggris.

Kemampuan ini diharapkan dapat menunjang peran guru dalam menjalankan tugas profesionalismenya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Hal ini sejalan dengan visi pendidikan 2025, profesi guru dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat seperti yang dituangkan di dalam Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Jika Sekolah di Palembang Benar-benar Dibuka, Begini Saran Psikolog Anak Kepada Orangtua

 

Jelang Risma Lengser dari Jabatan Wali Kota Surabaya, Ditanya Soal Masa Depan: Aku Juga Belum Tahu

Sebagai konsekuensinya, guru harus menjalani pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mencakup tiga hal, yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Menanggapi hal tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan (FHIP) Unika Musi Charitas berinisiatif untuk berpartisipasi dalam meningkatkan profesionalisme guru dengan cara memfasilitasi guru dalam memahami konsep presentasi akademik Bahasa Inggris pada konteks formal.

Pada tahap awal pendampingan tentunya guru sebagai peserta dibekali dengan konsep dasar bagaimana menyampaikan presentasi akademik yang tepat.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved