Advetorial

Kompaknya Para Petani Milenial OKU Timur Sumsel Raup Untung Budidaya Melon

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan juga mendorong generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian.

Dokumen SMK PP Negeri Sembawa
Kelompok Petani Milenial di Desa Sumber Asri Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur 

SRIPOKU.COM -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan juga mendorong generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian.

“Saya makin percaya anak muda yang mau terjun di bidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia maka dunia dalam genggaman kalian,”

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi juga menegaskan, "Keterlibatan generasi milenial dalam mendukung, mengembangkan dan memajukan sektor pertanian sangat dibutuhkan.

Pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda, mendukung upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia.

Generasi Muda Pertanian Cakap, SMK PP Negeri Sembawa Gelar Ujian PKL on Cloud

 

Pengumuman Kelulusan Via Zoom, 208 Lulusan SMK PP Negeri Sembawa Siap jadi Generasi Muda Pertanian

Salah satu Kelompok Petani Milenial di Desa Sumber Asri Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan yang tergabung dalam Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Golden Farm membudidayakan melon dengan jenis Merlin F1.

Di lahan seluas ¼ hektar (ha) dengan jumlah tanaman 2.500 batang/bulan, P4S Golden Farm juga bermitra dengan Yapani Farm dan Pasar Buah Jakabaring Palembang untuk pemasaran.
Kelompok petani milenial ini mampu meraup untung puluhan juta rupiah/bulan.

Kelompok petani milenial ini merupakan binaan dari Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur.

Kasubid kelembagaan Dinas Pertanian OKU Timur Andri Irawan, SP, M.Si menjelaskan Pada bulan November 2019 Dinas Pertanian OKU Timur bekerjasama dengan SMK Pembangunan Pertanian Sembawa Palembang menggelar bimtek petani milenial tindak lanjut dari Bimtek ini adalah dibentuknya P4S Golden Farm yang terdiri dari pemuda petani milenial diantaranya Sumarlin, Eko Suprihatin, Imam Mukhtasor, Fahrudin,Anjas Juaini Sigih Yan Pratama, Joko Kusmanto, Muchiban, Dwi Pujo Susanto.

Karena semua pengurus P4S adalah milenial, maka tujuan dibentuknya P4S Golden Farm ini untuk menarik minat generasi milenial agar mencintai dan mengenalkan dunia pertanian dengan sistem yang modern dan bukan lagi pertanian konvensional. Fokus P4S ini adalah membidik kalangan milenial dan budidaya hortikultura.

Melon merupakan peluang besar untuk dibudidayakan karena permintaan pasar yang besar serta melon mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium dan potassium. Melon juga kaya vitamin C, vitamin B6, vitamin K, folat.

Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved