Waspadai, Pasca-Lebaran Masalah Kesehatan Mengintai: dari Gerd, Kenaikan berat badan hingga Stres

Perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah sudah berlalu. Namun kita perlu berhati-hati dengan potensi masalah kesehatan yang mungkin terjadi pasca-lebaran.

tribunnews
Ketupat Lebaran. 

SRIPOKU.COM - Perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah sudah berlalu. Namun kita perlu berhati-hati dengan potensi masalah kesehatan yang mungkin terjadi pasca- lebaran.

Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastro Entero Hepatologi, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp-PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP mengatakan, salah satu pemicu masalah adalah konsumsi makanan lebaran.

Sebab, -ia mencontohkan, proses pemanasan masakan seperti gulai atau rendang bisa membuat kandungan garam di dalam masakan semakin tinggi dan kolesterolnya meningkat.

Inilah 8 Tips Memperbaiki Pola Tidur Setelah Ramadan Berakhir: Kembalikan Jam Tidur

Inilah 6 Trik Menyulap Kamar Mungil Jadi Lebih Rapi dan Cantik: seperti Optimalkan Langit-langit

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

"Oleh karena itu harus menjadi perhatian oleh masyarakat," kata Ari dalam Live Instagram bertajuk Antisipasi Penyakit Pasca- Lebaran, Senin (25/5/2020) kemarin.

Ari menambahkan, sejumlah penelitian di luar negeri, dan dilakukan oleh pihaknya menunjukkan, puasa Ramadhan mampu memperbaiki kualitas kesehatan seseorang.

Mulai dari kadar kolesterol (LDL) yang menurun, gula darah, dan tekanan darah lebih terkontrol, stres berkurang, dan lainnya.

Beberapa penyebabnya antara lain karena keteraturan pola makan, pengurangan asupan makanan, dan pengendalian diri.

Namun, penelitian juga menunjukkan, dalam satu bulan pasca-lebaran biasanya masalah kesehatan mulai kembali muncul.

Hal ini perlu diwaspadai meskipun lebaran tahun ini tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dan cenderung lebih banyak dihabiskan di rumah.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved