Berita Palembang

MELIHAT Warga Binaan di Palembang Melepas Rindu dengan Keluarganya di Rumah, Terharu!

Tempat tersebut dinamakan Wartelsus yang merupakan wartel kusus untuk para napi bisa melakukan video call dengan keluarganya.

SRIPOKU.COM/Bayazir Al Rayhan
Salah satu Narapidana di Lapas Merah Mata saat melakukan video call dengan keluarganya, Minggu (24/5/2020) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah ditengah pandemi covid-19 ini terasa jauh berbeda seperti hari tanpa pandemi covid-19.

Seperti halnya di sejumlah lapas dan rutan yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Dihari biasanya keluarga warga binaan atau napi rutan tempat keluarga mereka ditahan.

Akan tetapi saat pandemi covid-19 seperti ini, para keluarga napi tidak diizinkan untuk menjenguk keluarganya di dalam Lapas karena untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.

Walaupun tak diizinkan masuk, para napi tetap dapat bertemu dengan keluarga mereka dengan bertatap muka secara online.

Seperti halnya di Lapas Merah Mata, Kota Palembang. Tempat tersebut dinamakan Wartelsus yang merupakan wartel kusus untuk para napi bisa melakukan video call dengan keluarganya.

Dijelaskan Maulana Lutfianto, Kabid Pembinaan Lapas Merah Mata mengatakan hal ini sebagai upaya untuk mempermudah para napi bertemu dengan keluarga ditengah pandemi covid-19 ini.

"Ya kita tidak menerima kunjungan saat pandemi covid-19 seperti saat ini. Sebagai penggantinya kita buatlah wartelsus untuk para napi agar bisa video call dengan keluarganya," kata Maulana, Minggu (24/5/2020).

Dikatakannya mau menelpon baik telepon biasa ataupun video call itu terserah dari para napi mau atau tidak. Pihak Lapas sudah memberikan fasilitas yang memudahkan para napi untuk berkomunikasi dengan keluarganya ditengah pandemi ini.

"Ya kalau mau menelpon atau tidak itu terserah para napi, kita hanya menyiapkan saja. Hal ini kita lakukan hingga pandemi covid-19 ini benar sudah dicabut peraturannya dalam artian pandemi ini sudah berakhir," kata Maulana.

Menurut salah satu narapidana yang ada di lapas merah mata mengatakan sangat terbantu dengan adanya hal seperti ini.

Dikatakannya ketika sedang rindu dengan keluarga dirumah dan tidak bisa membesuk saat pandemi covid-19 ini dirinya bisa bertatap muka secara online dengan keluarga.

"Kami sangat terbantu dengan adanya layanan video call ini. Terlebih lagi saat ini kan tidak bisa dibesuk oleh keluarga karena corona jadi kami tetap bisa bertemu melalui video call jika sedang rindu dengan keluarga," kata Ulil Afsor.

Penulis: Bayazir Al Rayhan
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved