Dua Media Asing Soroti Angka Peningkatan Covid-19 di Indonesia dan Muslim yang Ramai Berbelanja

Dilansir The Guardian, Indonesia mencatat lonjakan tertinggi angka kasus infeksi Virus Corona jelang perayaan Idul Fitri.

sripoku.com/nisa
Tampak masyarakat berdesak-desakan kala melintas di kawasan Pasaraya Bandung, Palembang di tengah masa PSBB Palembang pada Sabtu (23/5/2020). 

SRIPOKU.COM - Dilansir The Guardian, Indonesia mencatat lonjakan tertinggi angka kasus infeksi Virus Corona jelang perayaan Idul Fitri.

Pada Kamis (21/5/2020), negara itu melaporkan 973 infeksi baru, sehingga jumlah total kasus yang dikonfirmasi menjadi 20.162.

Kini, per Sabtu (23/5/2020) angka infeksi meningkat menjadi 21.745 berdasarkan www.covid19.go.id.

Pihak berwenang telah meminta militer dan polisi untuk mencegah kedatangan di Jakarta sampai pembukaan kembali penuh modal diizinkan.

Ini Nama 10 Tenaga Medis RSUD Rabain Muaraenim yang Dinyatakan Negatif Covid-19 Pasca Tes Swab

Selain itu, Indonesia tahun ini juga dikabarkan mengalami kesulitan perekonomian. Sekaligus mengalami perayaan Idul Fitri yang berbeda dari sebelumnya.

Bertamu dan berjumpa sanak saudara kini tertunda karena aturan pembatasan sebagai bentuk pencegahan Virus Corona, dengan para warga yang banyak tertahan di Ibu kota Jakarta dengan pendapatan minim atau bahkan tiada pendapatan sama sekali.

Presiden Joko Widodo telah melarang perjalanan mudik ke kampung halaman selama libur Idul Fitri, meski begitu, ribuan orang dilaporkan telah menjalankan perjalanan mudik pada pekan ini, tidak mengacuhkan potensi penularan wabah Virus Corona.

Dilansir ABC Australia, media itu menyoroti bagaimana masjid-masjid di Indonesia mengizinkan Muslim melakukan shalat Id berjemaah.

Gema Takbir Berkumandang Pertanda Besok Tiba Idul Fitri, MUI: Demi Kita Semua, Shalat di Rumah Saja

Tak hanya itu, umat Muslim juga diketahui banyak memadati mal, pusat perbelanjaan tanpa menghiraukan social distancing terlebih physical distancing.

Padahal, pihak pemuka agama Islam di Indonesia sudah mengarahkan agar umat Islam beribadah shalat Id di rumah untuk menghentikan laju penularan Virus Corona.

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved