Berita PALI

Pemkab PALI Melalui Dinas Perikanan Bantun 1000 Itik Petelur untuk Dua Kelompok Peternak

Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Peternakan menyalurkan Seribu itik petelur untuk kelompok tani

SRIPOKU.COM/Reigan Riangga
Bupati Heri Amalindo saat menyalurkan bantuan seribu itik petelur kepada kelompok ternak. 

SRIPOKU.COM, PALI - Mengembangkan hasil ternak di Bumi Serepat Serasan agar bisa dinikmati bersama, Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Peternakan menyalurkan Seribu itik petelur ke kelompok peternak.

Sebanyak 1000 itik petelur ini disalurkan Bupati PALI, Heri Amalindo secara simbolis kepada dua perwakilan Kelompok Ternak Sekundang 16 dan Kelompok Ternak Campang Tiga Desa Tanding Marga.

Masing-masing satu orang mendapat bantuan ternak sebanyak 20 itik, sedangkan dalam satu kelompok sebanyak 25 orang dan total keseluruhan ternak itik diberikan 1000 ekor.

"Kepada kelompok ternak untuk menjadi pioner dalam beternak di PALI dan jadilah peternak yang sungguh-sungguh." ungkap Bupati PALI, Heri Amalindo, Kamis (21/5/2020).

Menurut Heri Amalindo, hal ini tentunya dapat membantu perekonomian keluarga, dimana ternak tersebut itik petelur sehingga telurnya bisa dijual.

Selain itu, lanjutnya, yang paling penting adalah peternak diharapkan untuk lebih fokus lagi dalam ternak itik, sehingga kedepan usaha ternak bisa berkembang.

Supir dan Penumpang Pikap Terjepit Setelah Bertabrakan dengan Truk Ekspedisi di Muaraenim

Lakukan Pengancaman Melalui Aplikasi Whatsapp, Karyawan Swasta di OKI Ini Dicokok Polisi

Positif Covid-19 di Banyuasin Bertambah 16,7 Palembang & 1 dari OI Linggau Prabu Muba OKU TImur

"Jadi, kalau hari ini satu orang ada 20 ternak, tahun depan bisa meningkat 200 persen. Jangan sampai, belum dua bulan ternak habis. Artinya, harus dipelihara dengan baik sehingga berkembang," ujarnya.

Dinas Peternakan dalam hal ini sudah ada pendamping dan dokter hewan khusus untuk berkonsultasi. Sehinga kesehatan ternak dapat terjaga dan pakan ternak dapat diperhatikan.

Heri Amalindo berpesan kepada kelompok ternak, sejatihnya harus bisa mengedukasi, berbagi ilmu dan menularkan kepiawaianya dalam beternak kepada generasi yang akan datang.

"Banyak peternak yang sukses, bisa dijadikan motivasi dan harus bisa mengedukaksi masyarakat disekitar dalam mengembangkan usaha ternak," jelasnya.

Bantuan ternak ini, sambung Heri Amalindo, semata untuk kesejateraan masyarakat agar mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi.

Tak hanya itu, kelompok ternak harus mampu dalam membudidayakan ternak bebek petelur dan mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

"Kedepan, Dinas Peternakan diminta untuk menganggarkan bantuan pakan ternak, bisa per bulan atau tiga bulan. Sehingga perkembangan ternak bisa dikembangkan dan produksinya kian banyak," ujarnya.(cr2)

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved