Mulai Siapkan Kemungkinan Terburuk, BMKG Sebut Sumsel Masuk Wilayah Siaga Bencana Hingga 22 Mei

Beberapa hari yang lalu, Kabupaten OKU Selatan dan Kota Lubuklinggau tertimpa bencana alam berupa banjir bandang.

sripoku.com/alan
Banjir yang berlokasi di SD-SMP satu atap di Desa Mehanggin Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan, Rabu (20/5/2020). 

SRIPOKU.COM - Beberapa hari yang lalu, Kabupaten OKU Selatan dan Kota Lubuklinggau tertimpa bencana alam berupa banjir bandang.

Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Indonesia, bencana tersebut belum berakhir, setidaknya hingga 22 Mei 2020 nanti.

BMKG pun meminta, wilayah yang diprediksi akan terjadi bencana alam tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan, termasuk mempersiapkan bakal terjadinya kemungkinan terburuk.

Bak Air Susu Dibalas Tuba, Raffi Ahmad Kembali Ingin Poligami, Izin Nikah Lagi, Begini Reaksi Nagita

Berdasarkan peringatan dini prakiraan cuaca terkait hujan lebat disertai petir dan angin kencang beberapa wilayah yang berpotensi mengalami cuaca buruk adalah Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa wilayah Lampung diharapkan dapat mengantisipasi dan mempersiapkan diri terkait prakiraan cuaca buruk tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Sampai besok di Provinsi Lampung diprediksi masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat petir,” kata Dwikorita melalui keterangan tertulis, Rabu (20/5/2020) malam.

Ia menambahkan wilayah Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Gorontalo juga diharapkan mewaspadai potensi cuaca buruk yang dapat terjadi di wilayah tersebut.

Selanjutnya cuaca buruk juga berpotensi terjadi di wilayah Indonesia Tengah dan Timur, seperti Gorontalo, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), beberapa bencana hidrometeorologi telah terjadi bertubi-tubi di sejumlah wilayah di Indonesia sejak Selasa (19/5/2020) dini hari.

Bencana alam tersebut terjadi akibat pengaruh anomali cuaca dan peralihan pergantian musim atau pancaroba.

Selain dari Ikan, Pempek Ternyata Bisa Dibuat dari Udang, Ini Resep Pempek Udang, Dijamin Lezat!

Halaman
123
Editor: Refly Permana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved