Breaking News:

Virus Corona di Sumse

Lubuklinggau Status Zona Merah Covid-19, Kemenag Minta Masyarakat Shalat Id di Rumah

Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Id di rumah pada Idul Fitri yang tinggal menghitung hari.

Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM/ANTONI AGUSTINO
Cegah virus corona ibadah di rumah saja 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Id di rumah pada Idul Fitri yang tinggal menghitung hari.

Hal ini karena adanya pandemi Covid-19 atau Virus Corona.

Kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan kepada putusan pemerintah pusat tentang sholat Id 1441 hijriah dan status Lubuklinggau sebagai zona merah Covid-19.

Ramalan Bintang Cinta Rabu 20 Mei 2020: Leo adalah Seorang Individu yang Populer Banyak Disukai

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau, H Azhari Rahardi, menyampaikan pada prinsipnya mendukung kesepakatan bersama dari Pemerintah Kota (Pemkot) kalau Lubuklinggau zona merah.

"Artinya kalau zona merah sesuai fatwa MUI imbauannya shalat Idul Fitri itu di rumah masing-masing," ungkapnya pada Tribunsumsel.com, Selasa (19/5).

Ia menerangkan pegangan Kemenag dalam mengeluarkan himbauan adalah fatwa MUI, fatwanya itu ada tiga kategori zona hijau diperbolehkan untuk sholat namun dengan protokoler kesehatan.

"Zona kuning, masih dimungkinkan, tapi kalau sudah zona merah tidak dimungkinkan lagi, kita tidak menginginkan masyarakat kita, umat kita, terkena Covid-19 ini," ungkapnya.

Ia pun menegaskan, Kemenag tidak akan memberi kelonggaran berdasarkan zona wilayah misalkan wilayahnya masih hijau atau pun masih kuning.

"Kita tetap berpedoman, zona merah shalatnya di rumah, tidak ada alternatif lainnya kita berikan, karena jika ada alternatif lain masyarakat akan bingung," paparnya.

Kucing Tertib Jaga Jarak di Depan Toko, Ini Alasan Ilmiahnya

Sebab, ketika masyarakat bingung masyarakat pasti akan bergejolak dan menimbulkan hal -hal yang patal lebih baik ditegaskan zona merah tidak ada shalat Idul Fitri.

"Jadi nanti tidak ada istilah shalat di lapangan, shalat dimasjid, atau mushala, semuanya kita alihkan ke rumah," ujarnya.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved