Buya Menjawab

Sholat Berjamaah Saat Suasana Mencekam

Dalam suasana yang mencekam ini, apa dan bagaimana sikap kita sebagai seorang muslim; sholat berjama’ah lima waktu di masjid apa masih fardhu kifayah

SRIPOKU.COM/Anton
Ilustrasi - Sholat Berjamaah. 

SRIPOKU.COM - Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
BUYA, dalam suasana yang mencekam ini, apa dan bagaimana sikap kita sebagai seorang muslim; sholat berjama’ah lima waktu di masjid apa masih fardhu kifayah hukumnya?

Mohon penjelasan, Buya. Terima kasih.
08217784xxxx

Sering Shalat Berjamaah, Namun Kepalanya Jadi Keledai Di Akhirat. Ternyata Ini Penyebabnya

Korban PHK? Beginilah 4 Cara Siasati Pendapatan yang Terbatas; Check-up Finansial dengan Pasangan

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Jawab:
Waalaikumussalam.Wr.Wb.
DALAM kondisi normal sholat berjamaah hukumnya fardhu kifayah dalam pandangan mazhab Syafi’I dan fardhu ain menurut mazhab Hambali.

Secara individual ada beberapa uzur syar’I yang membolehkan seseorang tidak melakukan sholat berjamaah di masjid; orang sakit kronis, orang sangat tua dan lemah, orang buta jika tidak ada yang menuntunnya, pengantin boleh tidak berjamaah ke masjid pada sholat malam hari, maghrib, isya dan subuh (selama 6 hari menurut imam Maliki), bila seseorang merasa khawatir akan adanya bahaya terhadap diri, harta, harga diri atau mengidap penyakit yang mmbuatnya susah untuk pergi berdasarkan hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas ra. Nabi saw. bersabda; "Siapa saja yang mendengar panggilan (Azan), lalu tidak menjawabnya, maka shalatnya tidak sah kecuali karena ada udzur.”

Para sahabat bertanya; Yaa Rasulullah, apa udzur itu? Beliau menjawab: Takut dan sakit”. (Wahbah Zuhayli, al Fiqhul Islam waadillatuhu, Jilid II hlm.304)

Dan jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Secara individual (perorangan) yang mempunyai udzur boleh tidak berjamah di masjid, sholat dirumah saja. Namun secara institusi karena hukum berjamaah di masjid ini fardhu kifayah maka masjid tetap dibuka untuk sholat berjamaah berapa pun jamaahnya yang tidak memiliki udzur mengikuti sholat berjamaah.

Demikian jawaban atas pertanyaan bapak. (*)

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Facebook Sripoku
ilustrasi
https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-14-mei-2020
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved