Berita Ramadhan

Tips Istikamah Sholat Malam Selama Ramadhan dan Setelahnya

"Boleh salat hajat sebelum tidur. Ambil air wudu lalu salat hajat minimal empat rakaat. Salat hajat bisa jadi pengganti salat tahajud.

SRIPOKU.COM/JATI
e-poster Sumsel Virtual Fest Ramadan. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Sepanjang bulan Ramadhan banyak sekali amalan sunah yang dapat dilakukan oleh umat Islam. Misalnya saja salat malam seperti Sholat Tarawih, sholat hajat dan sholat tahajud.

Seringkali ibadah Sholat Malam ini hanya tekun dikerjakan saat bulan suci saja dan akan perlahan berkurang bahkan berangsur ditinggalkan usai Idul Fitri.

Ketua Himpunan Majlis Taklim Indonesia (HMTI), H Buya Samsuddin Harmain menjelaskan agar bisa istikamah jalankan qiamulail seseorang harus terlebih dahulu memahami tujuan utama ibadah harus dilakukan.

Sebelum salat malam, kata dia, seseorang harus berdoa atau meminta sesuai dengan keutamaan salat malam terutama salat tahajud yaitu seperti minta diangkat derajat, memohon perlindungan, bimbingan, dan jalan keluar dari masalah yang tengah dihadapi.

"Dalam setiap ibadah ingat tujuan ibadah untuk apa. Diniatkan betul dan jangan setengah-setengah. Jika niat sudah baik maka setelah Ramadan akan terbiasa untuk salat malam bahkan di luar Ramadan," katanya, Jumat (8/5/2020).

Usai salat sunah malam tersebut Buya pun menyarankan agar tak lupa menutupnya dengan salat witir.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Palembang, Deny Apriyansyah mengatakan ibadah salat malam merupakan ibadah yang sebaiknya dilakukan secara teratur.

Apalagi, Rasulullah Saw pun selalu konsisten mengerjakan salat malam meskipun hukumnya tidak wajib.

Selain itu, sekalipun sedang sakit manusia mulia ini pun tetap menjadikan salat malam sebagai ibadah rutin saban malam.

"Yang paling baik didawamkan dan istikamah. Lakukan secara dawam, terus menerus insyaallah akan bisa dilakukan di luar Ramadan. Orang yang mendawamkan salat malam itu orang yang luar biasa sebab di saat orang lain terlena dalam mimpi ada yang bangun tengah malam dan beribadah," jelas Deny.

Deny menambahkan, salat malam pun merupakan ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Bahkan, disebutkan dalam satu hadis, jika masih ada orang yang berzikir di suatu wilayah maka Allah tidak akan turunkan azab ke wilayah tersebut.

Adapun tips agar terbiasa salat malam khususnya salah hajat yakni dapat disiasati dengan cara dituunaikan sesaat sebelum tidur.

"Boleh salat hajat sebelum tidur. Ambil air wudu lalu salat hajat minimal empat rakaat. Salat hajat bisa jadi pengganti salat tahajud. Jika mau salat tahajud bisa di atas pukul 00.00 WIB. Saat salat hajat mintalah hajat untuk dikabulkan." ujarnya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved