Peran Pengawas Sekolah Dalam Situasi Pandemi COVID-19

Pengawas Sekolah adalah jabatan fungsional yang mempunyai tugas, tanggung ja­wab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik

ist
Dra. Hj. Rini Herlina R, M.Pd 

Oleh : Dra. Hj. Rini Herlina R, M.Pd 

Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel

Latar belakang

Pengawas Sekolah adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung ja­wab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan (Permenpan RB No 21 Tahun 2010).

Dalam menjalankan tugas pokok ter­se­but, Pe­ngawas Sekolah dituntut mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk mam­pu me­laksanakan tugas pengawasan.

Kualifikasi dan kompetensi yang dimaksud adalah kom­petensi sebagaimana telah diatur dalam Permendiknas No 12 Tahun 2007 tentang Standar Pe­ngawas Sekolah/Madrasah yaitu kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi aka­demik, kom­petensi evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan kompetensi sosial.

Dari tugas pokok dan kompetensi pengawas menunjukkan bahwa pengawas mempunyai peran stra­tegis dalam memajukan pendidikan.

Dalam situasi pandemi COVID-19 ini Pengawas sekolah menjalankan tugasnya harus social distancing dan physical distancing sehingga Pengawas Sekolah ha­rus melakukan transformasi pembinaan Guru dan Kepala Sekolah, melalui transformasi digital yaitu pengawasan Digital.

Pembahasan

Dalam situasi Pandemi Covid 19, cara terbaik saat ini yang dapatdilakukan Pengawas Sekolah a­dalah melakukan pembinaan guru melalui moda daring atau pengawasan Digital yang dapatdi­lak­sanakan dari rumah agar kualitas pembelajaran guru tetap baik.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved