Breaking News:

Kepala Medis FIFA Beri Peringatan Bundesliga dan Premier League, Sampaikan Pesan Ini

Menganggapi rencana dua liga top Eropa Bundesliga dan Premier League akan melanjutkan kompetisi dalam waktu dekat

TWITTER.COM/JAMESTYLERESPN
Presiden FIFA, Gianni Infantino. 

SRIPOKU.COM -- Menganggapi rencana dua liga top Eropa Bundesliga dan Premier League akan melanjutkan kompetisi dalam waktu dekat, Kepala medis FIFA, Michel D'Hooghe, memperingatkan bahwa sepak bola belum bisa kembali dilanjutkan setidaknya sebelum September 2020.

Bundesliga (kasta tertinggi Liga Jerman) diyakini bakal segera melanjutkan kompetisi pada 9 Juni nanti setelah mendapat lampu hijau dari Perdana Menteri Bavaria dan juga Nordrhein-Westfalen.

Sementara itu, Premier League - kompetisi teratas Liga Inggris - juga diharapkan bisa kembali bergulir pada Juni 2020 mendatang.

Klub-klub peserta Liga Inggris pun telah mengagendakan latihan kembali mulai 18 Mei nanti seiring situasi di Inggris yang dinilai sudah membaik.

Hal itu membuat Sekretaris Bidang Digital, Kebudayaan, Media, dan Olahraga Inggris, Oliver Dowden, yakin Liga Inggris bisa dilanjutkan.

Dowden juga berencana mengadakan diskusi dengan klub-klub peserta Liga Inggris pada Jumat (1/5/2020) untuk membahas kemungkinan melanjutkan kompetisi musim 2019-2020 mulai Juni 2020.

Namun, hal tersebut dinilai Michel D'Hooghe terburu-buru. Sebab, menurutnya kondisi saat ini belum kondusif untuk kembali mengadakan kompetisi sepak bola.

Kena Imbas Pandemi Covid-19, Kompetisi Piala Dunia 2022 Juga Akan Terganggu

Masa Penagguhan Kompetisi Siswa Sebulan Lagi, Direktur Madura United Desak PT LIB Gelar RUPS

Nasib Liga 1 Indonesia dan Liga 2 Indonesia Belum Jelas, PT LIB Sebut Keputusan Ada di Tangan PSSI

D'Hooghe menyebut terlalu dini bagi para pemain untuk saling bersentuhan, setidaknya saat kebijakan physical distancing masih diberlakukan. 

"Dunia tidak siap untuk kembali melanjutkan kompetisi sepak bola. Saya berharap ini bisa berubah secepatnya, tetapi saya tidak berpikir bisa dilanjutkan dalam waktu dekat," ujar Michel D'Hooghe kepada Sky Sports.

"Sepak bola adalah olahraga dengan intensitas kontak fisik yang tinggi. Saat ini, Anda bahkan diminta untuk menghindari hal itu."

"Kompetisi sepak bola memungkinkan untuk dilanjutkan saat physical distancing telah dicabut," ucapnya melanjutkan.

Hingga saat ini, sudah ada empat liga yang dihentikan secara permanen. Tiga di antaranya berasal dari Eropa dan satunya lagi dari Amerika Selatan.

Liga Belgia, Liga Belanda, dan Liga Perancis adalah liga-liga Eropa yang sudah dibatalkan.

Adapun tiga liga top Eropa lainnya seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, dan Liga Italia masih terus berusaha mencari cara agar bisa melanjutkan kompetisi.

Adapun kompetisi dari Amerika Selatan yang dihentikan permanen adalah Superliga Argentina.

Editor: adi kurniawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved