Mewaspadai Covid-19 Pada Hewan

Korona virus merupakan penyakit yang sering terjadi pada hewan di Indonesia terutama pa­da ayam, kucing, anjing, kelinci, babi, sapi dan hewan liar

ist
DR. Drh. Jafrizal, MM 

Oleh: DR. Drh. Jafrizal, MM

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Sumsel

Korona virus merupakan penyakit yang sering terjadi  pada hewan di Indonesia  terutama pa­da ayam, kucing, anjing, kelinci, babi, sapi dan hewan liar lainnya.

Penyakit tersebut tidak meng­hebohkan karena hanya menginfeksi kawanan hewan dan tidak mengancam jiwa manu­sia.

Hal berbeda  dengan  korona virus  yang menjadi pandemi di  dunia saat ini  yakni Coro­na Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mengakibatkan sakit dan bahkan kematian pada ma­nu­­sia walaupun penyakitnya dapat disembuhkan.

Dampak dari Covid 19 telah memporak-po­ran­dakan pundi-pundi perekonomian negara-negara di dunia.

Menurut WHO dan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (2020)  bahwa hingga saat ini, in­fek­si COVID-19 yang menyebar luas pada populasi manusia memiliki resiko potensi menu­lar­kan ke hewan dari individu yang terdiagnosa oleh positif COVID-19.

Kejadian pada hewan an­jing di Hongkong, kucing di Belgia dan Hongkong serta Harimau di New York mem­buk­ti­kan bahwa hewan bisa ketularan Covid 19.

Semua hewan tersebut ketularan dari pemilik atau orang yang merawat hewan tersebut positif Covid 19.  

Namun, belum ada bukti yang me­nya­ta­kan bahwa hewan yang terinfeksi dari manusia berperan dalam penularan penyakit yang le­bih luas.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved