Breaking News:

Hak Masyarakat Hukum Adat

 Visi dan Misi Hak Masyarakat Hukum Adat dalam Sistem Pemerintahan Otoda

9 Agustus 2006 lalu di Sasono Langen Budoyo TMIIJakarta, memberikan inspiratoria penyusunan Visi dan Misi Masyarakat Hukum Adat

Penulis: Salman Rasyidin | Editor: Salman Rasyidin
SRIPOKKU.COM/DERYARDLI
Albar Sentosa Subari SH.MH, Ketua Pembina Adat Sumsel. 

SRIPOKU.COM --Pada tanggal 9 Agustus 2006 lalu di Sasono Langen Budoyo Taman Mini In­donesia Indah Jakarta, memberikan inspiratoria penyusunan Visi dan Misi Masyarakat Hukum Adat untuk mendukung otonomi daerah (Otoda) terhadap pembangunan ekonomi masyarakat de­sa (baca adat).

Sebelum Presiden Republik Indonesia bapak Dr. Susilo Bambang Yudhoyono me­nyampaikan kata sambutan, didahului dengan pembacaan Deklarasi Jakarta yang disampaikan o­­leh bapak H. Anwar Saleh dari Lembaga Adat Melayu Riau.

Menurut Ketua Pambina  Adat Sumsel Albar S, Subari SH.MH beberapa hari lalu kepada SRIPOKU.COM, akhir dari kegiatan itu yang sekaligus memperingati Hari Internasional Ma­sya­ra­kat Adat Sedunia.

Terbentuk Sekretariat Nasional Perlindungan Hak Konstitusional Masya­ra­kat Hukum Adat.

Akta Notaris Haji Asman Yunus, SH (notaris di Pekanbaru) nomor 44 tanggal 31 Agustus 2007. Dimana saya duduk sebagai anggota Dewan Pakar.

Sehubungan dengan unsur-unsur pemberdayaan hak masyarakat hukum adat di atas terlebih dahulu disampaikan beberapa pengertian :

* Otonomi Daerah suatu keadaan yang memungkinkan daerah dapat mengaktualisasikan segala po­tensi terbaik yang dimiliki secara optimal.

* Masyarakat Hukum Adat  adalah sekelompok orang yang terkait oleh hukum adat nya sebagai war­ga bersama suatu persekutuan hukum karena kesamaan keturunan atau wilayah.

* Hak Ulayat kewenangan yang menurut hukum adat dipunyai oleh masyarakat hukum adat ter­tentu atas wilayah tertentu yang merupakan lahan para warganya.

Visi dan Misi yang dimaksud kan adalah:

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved