Metamorfosis KPK

Metamorfosis KPK dan Nasi Goreng

Dalam kamus Bahasa Indonesia, Metamorfosis mengandung arti perubahan bentuk atau susunan a­tau peralihan bentuk (misalnya ulat menjadi kupu-kupu).

Metamorfosis KPK dan Nasi Goreng
ist
Roy Riady SH, MH

Oleh : Roy Riady SH, MH

Praktisi Hukum di Jakarta  

Dalam kamus Bahasa Indonesia, Metamorfosis mengandung arti perubahan bentuk atau susunan a­tau peralihan bentuk (misalnya ulat menjadi kupu-kupu).

Metamorfosis itu juga sedang dialami o­leh KPK pasca pimpinan KPK Jilid IV yang diketuai oleh Fir­li Bahuli yang merupakan Jendral yang berasal dari Kepolisian dan juga merupakan “wong kito” atau putra Sumatera Selatan (Pa­lembang) yang juga jago memasak nasi go­reng.

Dalam suatu kesempatan, Firli Bahuli pernah memasak nasi goreng di gedung merah putih la­yak­nya seorang Chef memilih, meracik bumbu-bumbu dan memasak nasi go­reng spesial yang siap di uji masakannya.

Tentu bukan hal biasa sang Ketua KPK me­masak nasi goreng tersebut karena da­pat juga di maknai analogi memasak nasi goreng a­dalah sebuah strategi baru pemberantasan ko­rupsi yang menghasilkan keputusan dan kebijakan yang baru pimpinan KPK.

Strategi baru pem­be­rantasan korupsi ini adalah se­buah Metamorfosis KPK dari UUKPK lama No. 30 Tahun 2002 ke UUKPK baru No. 19 Tahun 2019.

Per­ubahan itu nampak berbeda ketika ada 2 (dua) hal terkait keputusan/kebijakan di KPK yaitu per­tama, saat Firli Bahuli selaku Ketua KPK mendatangi Kementerian PUPR; dan kedua, KPK me­nutup/menghentikan 36 kasus penyelidikan di KPK.

Hal itu belum pernah dilakukan oleh pimpinan KPK sebelumnya sehingga banyak sen­ti­men sebagian publik pemerhati KPK yang me­nanggapi “Ini sebuah pelemahan di tu­buh KPK” bahkan ICW menyebutkan penghentian 36 kasus penyelidikan ini meru­pa­kan bagian dari penyalahgunaan kekuasaan pimpinan KPK.

 Menjadi per­tanyaan se­der­hana, apakah benar Pimpinan KPK di bawah Komando Firli Bahuli telah menyalah­gu­nakanan kekuasaan sebagai pimpinan KPK?

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved