Sendi Sendi Ekonomi

Ketika Covid 19 Hantam Sendi Sendi Ekonomi

Cepatnya penyebaran Covid 19 hi­ng­ga menembus lebih dari 165 negara, memporak porandakan berbagai dunia usaha.

Ketika Covid 19 Hantam Sendi Sendi Ekonomi
ist
Dr. Markoni Badri, MBA

 

Ketika Covid 19 Hantam Sendi Sendi Ekonomi

Dr. Markoni Badri, MBA

Dosen Manajemen Bisnis, Politeknik Negeri Sriwijaya dan Magister Manajemen Universitas Sriwijaya

Kegaduhan dan goncangan ekonomi global akibat semakin cepatnya penyebaran Covid 19 hi­ng­ga menembus lebih dari 165 negara, memporak porandakan berbagai dunia usaha di ba­nyak ne­gara, termasuk Indonesisa.

Efeknya sangat dirasakan oleh berbagai dunia usaha mulai dari du­nia usaha berskala besar [makro] maupun berskala kecil [mikro].

Berdasarkan laporan dari berbagai media terlihat bahwa aktivitas ekonomi dibanyak negara, ter­masuk Indonesia, semakin terganggu.

Berbagai aktivitas ekonomi tersebut antara lain, ter­sen­datnya ekspor–Impor komoditi, anjloknya pasar uang atau bursa saham, harga minyak dunia me­lemah, dan yang tidak kalah penting adalah terpuruknya sektor pariwisata yang berimbas ke ba­nyak dunia usaha pendukungnya seperti industri penerbangan, hotel, transportasi, restauran ser­ta destinasi wisata, termasuk juga bisnis bisnis turunan nya.

Me­ngutip apa yang disampaikan oleh Yunita Rusanti, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Ja­sa Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa terjadi penurunan kegiatan ekspor dan impor dari Chi­na ke Indonesia dan sebaliknya yaitu 11,63 persen untuk ekspor, 49,63 persen untuk Impor. [BPS, 16/03/2020].

Untuk ekspor nonmigas dari China seperti besi dan baja, tembaga, pulp dan kayu, turun sebesar US$ 245,5 juta.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved