Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Antsipasi Virus Corona Semua Kendaraan dari Luar Daerah Tujuan Musirawas Diperiksa di Posko Covid-19

Wabah virus corona atau corona virus disease (covid-19) menyita perhatian semua pihak, tak terkecuali di Kabupaten Musirawas Provinsi Sumatera Selatan

SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI, HANDOUT
Kendaraan yang masuk dari luar daerah dengan tujuan Musirawas harus menjalani pemeriksaan di posko covid-19 perbatasan. Pemeriksaan dilakukan untuk menghindari kemungkinan masuknya virus corona yang dibawa oleh orang dari luar daerah ke Musirawas. Tampak petugas melakukan pemeriksaan di posko covid-19 perbatasan. 
Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi
SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Wabah virus corona atau corona virus disease (covid-19) menyita perhatian semua pihak, tak terkecuali di Kabupaten Musirawas Provinsi Sumatera Selatan.
Kendati sampai sejauh ini belum ditemukan adanya kasus positif covid-19 di Musirawas, namun berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Musirawas untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan posko-posko covid-19 di wilayah perbatasan Kabupaten Musirawas yang berbatasan langsung dengan kabupaten atau kota lainnya di Sumsel.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musirawas Adi Winata mengatakan, saat ini ada empat titik posko covid-19 diwilayah perbatasan. Yaitu posko Terawas yang berbatasan dengan Kabupaten Muratara.
Kemudian posko Muara Lakitan yang berbatasan dengan Kabupaten Musi Banyuasin dan posko Tiang Pumpung Kepungut yang merupakan pintu masuk dari Kabupaten Empat Lawang.
Selanjutnya posko BTS Ulu Cecar yang merupakan jalur alternatif menuju Kabupaten Pali dan Muara Enim.
"Insha Allah besok akan kita tambah lagi satu posko, yaitu diwilayah Pedang Kecamatan Muara Beliti. Atau wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Lubuklinggau," kata Adi Winata kepada Sripoku.com, Jumat (17/4/2020).
Dikatakan, di posko covid-19 perbatasan ini, terdiri dari personil gabungan beberapa instansi.
Antara lain dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan TNI Polri.
Posko perbatasan ini bertugas mengawasi lalulintas kendaraan yang masuk kewilayah Kabupaten Musirawas.
Dimana, kendaraan yang masuk dari luar daerah ke Kabupaten Musirawas, harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu.
Pemeriksaan sesuai dengan protokol covid-19 dilakukan untuk menghindari kemungkinan masuknya virus corona yang dibawa oleh orang dari luar daerah ke Musirawas.
"Dilakukan pemeriksaaan terhadap kendaraan yang melintas dari luar daerah. Apabila ada penumbang atau kendaraan yang tujuan Musirawas, maka sopir dan penumpangnya akan diperiksa suhu tubuhnya.
Bila ditemui gejala maka disarankan untuk isolasi mandiri dan didata.
Data disampaikan ke Puskesmas setempat dan juga ke pemerintah setempat, seperti camat, lurah atau kades," kata Adi Winata. 
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved